MAN 5 Sleman Ikuti Tes Bakat Skolastik


MAN 5 Sleman Ikuti Tes Bakat Skolastik Siswa MAN 5 Sleman sedang mengerjakan TBS
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-03 12:42:38

Sleman (MAN 5 Sleman) - Seluruh siswa kelas XII MAN 5 Sleman sebanyak 204 siswa, terdiri dari 90 siswa jurusan IPA, 84 siswa jurusan IPS dan 30 siswa jurusan Keagamaan mengikuti Tes Bakat Skolastik (TBS). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang laboatorium Komputer CBT1, CBT2, dab CBT3 yang berlangsung Kamis (2/10) dan peserta dibagi menjadi dua sesi.

Hj. Musfiroh S.Pd, M.Pd disela-sela memantau TBS mengungkapkan tujuan pelaksanaan TBS untuk mengukur kemampuan siswa jika mereka ingin memasuki perguruan tinggi. Jadi dengan mengikuti TBS ini nantinya siswa dapat mengetahui seperti apa soal-soal yang akan diujikan jika mereka akan melanjutkan pendidikan jenjang Perguruan Tinggi. Ada tiga subtes yang diujikan, yaitu Subtes Verbal, Subtes Kuantitatif dan Subtes Penalaran.

MAN 5 Sleman Ikuti Tes Bakat Skolastik

MAN 5 Sleman Ikuti Tes Bakat Skolastik

MAN 5 Sleman Ikuti Tes Bakat Skolastik

“Pada subtes Verbal, soal tes yang diujikan berkaitan dengan masalah kata atau bahasa seperti sinonim, antonim, analogi dan wacana. Sedangkan pada subtes Kuantitatif, soal yang diujikan berhubungan dengan matematika yakni, deretan angka, aritmatika, aljabar, dan geometri. Pada subtes Penalaran, soalnya berhubungan dengan logika, diagram dan analitis,” jelas Musfiroh.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad  mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, yang telah sukses melaksanakan kegiatan TBS ini. Tes ini sangat berguna nantinya sebagai alat tolak ukur kemampuan siswa dalam mengantarkannya ke Perguruan Tinggi.

“Alhamdulillah, TBS dapat berjalan dengan lancar walaupun siswa agak kesulitan menjawab soal, karena ini kali pertamanya mereka mengikuti TBS dan menjawab soal-soal yang diujikan. Harapannya dari tes ini, siswa dapat mengukur atau memprediksi sampai dimana kemampuan mereka untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi yang mereka inginkan. Ke depannya, para siswa harus lebih banyak berlatih menyelesaikan soal-soal TBS ini agar mendapatkan skor yang lebih baik,” harap Aris Fu’ad.

Sedangkan Khoirul Muna, S.Pd selaku Kepala Laboratorium dan sekaligus salah satu proktor menjelaskan pihaknya telah menyiapkan 115 perangkat komputer dan 6 server untuk pelaksanaan TBS ini. “Kami menyiapkan 3 server utama, 3 server cadangan dan 115 komputer Client yang siap kita gunakan dalam pelaksanaan TBS. Semua dalam kondisi siap digunakan," tegas Khoirul Muna.

Khoirul Muna menambahkan TBS dikembangkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang, Kemendikbud, menggunakan model UBK (Ujian Berbasis Komputer) dengan metode semi-online yang terkoneksi dengan internet, dibutuhkan hanya ketika sinkronisasi, rilis token, dan unggah data jawaban.

”Tim telah menyiapkan dari awal data-data pendukung mulai dari surat kesiapan mengikuti TBS, daftar peserta TBS, VHD dan jaringan internet yang memadai. Koneksi internet tidak diperlukan saat peserta mengerjakan soal dan pelaksanaan tes dilaksanakan di 3 ruang Laboratorium Komputer CBT,” pungkas Khoirul  Muna yang juga seorang guru BK ini. (tmr)

 

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 283

Bagikan