Tim MAN 3 Bantul Juara I Optika Wilayah DIY


Tim MAN 3 Bantul Juara I Optika Wilayah DIY Tim MAN 3 Bantul Meraih juara I pada ajang Olimpiade Matematika (OPTIKA) 2019 di Gedung S2 dan S3 Universtas Gadjah Mada, Sabtu (28/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-02 23:34:24

Yogyakarta (MAN 3 Bantul)—Siswa MAN 3 Bantul kembali mengharumkan nama madrasah seiring dengan keberhasilan  Bagus Ferdian Nur Adianto (XII IPA 1), Rufaida Hilma (XII IPA 2) dan Anggita Cahya Widyaningrum (XI IPA 2) meraih prestasi pada ajang Olimpiade Matematika 2019 (Optika 19) yang diselenggarakan UIN Syarif Hidayatullah.

Tim MAN 3 Bantul berhasil meraih juara I pada penyisihan wilayah DIY. Pelaksanaan penyisihan wilayah Optika 19 berada pada wilayah masing-masing, khusus untuk wilayah DIY bertempat di Gedung S2 dan S3 Universtas Gadjah Mada, Sabtu (28/9).

Tim MAN 3 Bantul Juara I Optika Wilayah DIY

Tim MAN 3 Bantul Juara I Optika Wilayah DIY

Pembimbing  sekaligus pendamping mereka dalam mempersiapakn diri menghadapi lomba yakni guru matematika Okta Ariyanto mengatakan keberhasilan siswanya meraih juara I sangatlah menyenangkan dan membanggakan mengingat peserta lainnya juga memiliki kemampuan yang cukup handal. “Perjuangan ini masih panjang dan perlu persiapan yang lebih banyak lagi. Kami ajak siswa untuk semakin meningkatkan uaha dan doa sehingga bisa meraih prestasi membanggakan di event berikutnya,” ujarnya. Atas keberhasilannya meraih peringkat 1, MAN 3 Bantul berhak melaju ke penyisihan nasional beserta 43 tim lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pada penyisihan nasional tersebut, akan diambil 10 besar untuk masuk ke semifinal yang akan diadakan di Jakarta. Optika yang diselenggarakan UIN Syarif Hidayatullah merupakan ajang kompetisi di bidang matematika untuk siswa madrasah maupun sekolah Islam. Pada tahun ini, ada 1.349 tim dari seluruh wilayah Indonesia yang mengikuti Optika 19. Pelaksanaan penyisihan wilayah berada di 27 titik yang terbagi menjadi 13 wilayah. Khusus wilayah DIY, ada 45 tim yang mengikuti Optika mulai dari tingkat MI/SDI, MTs/SMPI, sampai MA/SMAI.

Panitia Optika 19 yang juga koordinator wilayah DIY, Fitrianingsih mengungkapkan bahwa tema Optika 19 tahun ini adalah “Be The Pious Mathematician through The Precious Competition”. Kandungan makna dari tema tersebut adalah menganjurkan agar kita bisa menjadi matematikawan yang saleh. Jadi tidak hanya sekedar menjadi seorang matematikawan saja tetapi juga harus dibarengi dengan kesalehan.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN 3 Bantul, Sumarna  saat menerima hasil kejuaraan, mengaku ikut senang dengan keberhasilan MAN 3 Bantul meraih juara I. Sumarna juga mengucapkan selamat kepada siswa dan guru pembimbingnya serta berharap tim MAN 3 Bantul dapat sukses pada tahap berikutnya. (oar/lif)

 

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 654

Bagikan