Guru MTsN 9 Bantul Belajar Cerpen Bersama Joglitfest 2019


Guru MTsN 9 Bantul Belajar Cerpen Bersama Joglitfest 2019
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-02 21:56:16

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Festival Sastra Yogyakarta Joglitfest 2019 merupakan sebutan dari perhelatan kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini merupakan hasil kerja sama dengan pemangku kepentingan sastra di Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Kemendikbut RI, sastrawan/ penggerak sastra, akademisi, perguruan tinggi, komunitas, penerbit, lembaga pemerintah dalam bidang literasi, dan lembaga swasta.

Festival ini bertujuan untuk mendekatkan dunia sastra dengan publik, sekaligus menjalin hubungan antarmasyarakat sastra di dalam dan luar Yogyakarta.

Serangkaian agenda Festival Sastra Yogyakarta Joglitfest 2019 salah satunya adalah kegiatan Workshop Penulisan Cerpen bersama sastrawan Agus Noor. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Jumat (27/9) pukul 08.00 – 16.00 WIB di Ruang Umar Kayam, Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta. Peserta dalam kegiatan tersebut ada 40 orang yang merupakan gabungan dari guru SMP dan MTs di seputar Yogyakarta.

Sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan ini maka MTsN 9 Bantul mengirimkan dua guru Bahasa Indonesia: Yuni Iswari Dewi, S.Pd. dan Andrian Eka Saputra, S.Pd.

Kegiatan berlangsung dalam dua bagian. Bagian pertama berisikan diskusi terkait permasalahan yang dirasakan oleh peserta terkait hal menulis. Sedangkan bagian kedua guru diberi kesempatan berlatih menulis cerpen.

“Cerpen itu mengisahkan suatu tokoh, disinilah idealisme para penulis dapat muncul masing-masing tergantung bawaannya, dan yang harus diperhatikan adalah bahwa penulis harus tetap memperhatikan ide orisinal, nilai moralitas, kejujuran, perlunya konflik yang tajam, ” tukas sastrawan Agus Noor.

Para peserta merasa senang mengikuti kegiatan yang dibersamai oleh pria dari Jakarta ini. Kemasan acaranya pun sangat menarik. “Karya cerpen pelatihan yang rencananya dibukukan ini  dapat dinilaikan untuk kenaikan pangkat ke depannya,” ujar Endang, Guru SMPN 2 Bantul penuh harap.  (yun/nsh)

 

 

 

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 227

Bagikan