MTsN 9 Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila


MTsN 9 Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-02 21:33:17

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Memasuki bulan Oktober masyarakat diingatkan kembali dengan peristiwa sejarah puluhan tahun lalu. Sejarah di mana dasar negara Indonesia diuji kesaktiannya. Dan hingga kini setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Berkenaan dengan hal ini MTsN 9 Bantul menggelar upacara bendera di halaman madrasah. Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini adalah Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Madrasah, Miftakhul Bakhri. Pada upacara kali ini Miftakh membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku Buwono X. Dalam sambutan tersebut Gubernur menghimbau tentang pentingnya menjadikan Pancasila sebagai etos, bukan hanya mitos.

“Memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara rutin setiap tahun, maka akan menjadi pengingat bagi kita, bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern. Sehingga kita wajib untuk meningkatkan kewaspadaan nasional dan kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi dan postmodernisme,” tegas Miftakh membacakan sambutan Gubernur DIY.

Nilai-nilai luhur ini dapat ditanamkan pada siswa melalui pembelajaran di madrasah. “Melalui peringatan ini, kita diingatkan tentang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Indonesia,” tutur Miftakh mengakhiri sambutannya.

Sebelum membacakan amanat Kepala Madrasah melantik pengurus OSIM MTsN 9 Bantul terpilih periode 2019/ 2020. (and/nsh)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 150

Bagikan