Wujudkan Madrasah Berbasis IT, MAN 1 Yogya Luncurkan Aplikasi E-Mansa


Wujudkan Madrasah Berbasis IT, MAN 1 Yogya Luncurkan Aplikasi E-Mansa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-10-02 21:27:42

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Setelah sukses menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dengan sistem berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Geschool. Bersamaan dengan itu, Senin (23/9) kemarin,  madrasah ini juga meluncurkan aplikasi E-Mansa dan sudah terpublish di play store.

Kecanggihan teknologi dewasa ini memberikan begitu banyak manfaat buat masyarakat. Terbaru, hadir sebuah teknologi yang dikembangkan untuk mendukung Sistem Manajemen Sekolah. Teknologi ini dilengkapi dengan fitur yang cukup canggih seperti Student Tracking System, di mana orangtua dapat melihat aktivitas secara real time siswa/anak di sekolah, Nilai Akademik dan sebagainya.

E-mansa merupakan aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan oleh MAN 1 Yogyakarta untuk meningkatkan komunikasi yang efisien dan transparan antara wali murid dengan madrasah terkait infromasi-informasi seputar Madrasah. E-mansa akan terus dikembangkan sebagai sarana komunikasi juga sebagai branding MAN 1 Yogyakarta, salah satu Madrasah terbaik di Yogyakarta berbasis teknologi informasi.

Aplikasi yang diciptakan oleh Abdullah AG ini akan terus dikembangkan dengan penambahan inovasi fitur-fitur terlengkap yang memudahkan pengguna menjalankan aplikasi. Selain itu aplikasi ini juga bertujuan mendukung program kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang berbasis smart city.

Kini aplikasi E-Mansa dengan mudah dapat diakses, dengan cara mengunduh di play store pada android masing-masing. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan orang tua siswa dapat memperoleh informasi lebih cepat mengenai perkembangan siswa-siswinya di madrasah.

"Dalam waktu dekat E-Mansa akan disinkronkan dengan geschool sehingga orang tua/wali murid selain dapat memantau tingkat disiplin dan nilai siswa, sehingga kami juga berharap aplikasi ini memudahkan pengawasan orang tua terhadap anaknya selama di sekolah melalui penerapan teknologi," terang Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Soeprastiyono, S.Pd, M.Pd.

"Penggunaan teknologi yang merupakan kelanjutan dari Geschool tersebut bertujuan meminimalkan penggunaan media kertas, ini dimaksud guna mewujudkan madrasah peduli lingkungan," imbuhnya. (adr/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 364

Bagikan