Pembelajaran Diselingi Short Movie Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa MAN 2 Bantul


Pembelajaran Diselingi Short Movie Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa MAN 2 Bantul Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa kelas XI MIPA 1 diselingi dengan menonton film pendek bertemakan materi terkait
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-01-22 11:20:34

Bantul (MAN 2 Bantul)- Motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri siswa. Dengan memberikan motivasi yang baik dan sesuai, siswa dapat memahami tujuan dan manfaat yang hendak dicapai dengan kegiatan belajar tersebut. Motivasi yang tinggi dalam proses belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Motivasi dapat dibangun dengan berbagai cara, salah satunya belajar diselingi dengan menonton film pendek atau short movie.

Salah satu mata pelajaran kelas XI MIPA 1 pada Senin (17/1/2022) ialah Al-Qur’an Hadits. Materi yang disampaikan ialah bertanggung jawab menjaga amanah. Sebelum menyampaikan materi, siswa diberikan apersepsi dan motivasi, kemudian siswa menonton film pendek dengan judul Menjaga Sekeping Amanah.  Film pendek dengan durasi 12 menit ini mengisahkan tentang perjuangan Kudrat, siswa yang dititipi uang infak untuk disampaikan kepada  orang lain. Apesnya, ada uang yang terjatuh. Kudrat mengejar uang tersebut kesana kemari menyusuri jalan ibu kota, selokan hingga ke hutan dengan kaki yang pincang. “Harapannya setelah menonton film tersebut, siswa lebih mudah menerima informasi dan materi sehingga memunculkan motivasi untuk mempraktekan perilaku yang diperankan oleh pemain tersebut”, ucap Ken Ayu Kartikaningrum, S.Ag., salah satu guru Al-Qur’an Hadits.

Pembelajaran Diselingi Short Movie Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa MAN 2 Bantul

Setelah selesai menonton film pendek tersebut, siswa diajak untuk berdiskusi dengan materi terkait. Menurut Indra, siswa kelas XI MIPA 1 sekaligus ketua Rohis MAN 2 Bantul mengatakan bahwa jika pembelajaran dibangun dengan suasana yang menyenangkan maka materi akan mudah tersampaikan pada siswa. “Jam terakhir adalah waktu yang cukup berat untuk kami, energi kami terkuras cukup banyak karena belajar dari pagi hari. Jika pembelajaran diselingi dengan menonton film, kami lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Selain mendapatkan materi, kami juga merasa terhibur”, lanjutnya.(ken)

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 109

Bagikan