Simpati Kekeringan, MAN 1 Yogya Gelar Shalat Istisqa


Simpati Kekeringan, MAN 1 Yogya Gelar Shalat Istisqa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-26 22:42:17

Yogyakarta (MAN 1 YK)---Civitas akademika MAN 1 Yogya menggelar shalat istisqa, Rabu (25/9) siang di masjid Al-Hakim.  Imam sekaligus Khatib pada Shalat Istisqa’, Guru Mata pelajaran  Fikih Drs.H.Zuliadi, M.Ag. dimulai setelah pelaksanaan shalat dzuhur berjama'ah. Shalat yang berlangsung dengan khidmat tersebut bertujuan untuk meminta hujan kepada Allah SWT dan beristighfar dari segala dosa dan kesalahan.

MAN 1 Yogya berinisiatif melaksanakan shalat Istisqa dikarenakan daerah di Kabupaten Gunungkidul terdampak kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini. Kondisi yang memprihatinkan ini lantaran kekurangan dan sulit mengakses air bersih. Selain itu juga ribuan hektar sawah petani gagal panen.

"Keangkuhan dan sifat takabur umat manusia hanya mengundang murka Allah, mulai dari bencana kebakaran hutan, kabut asap, gagal panen, dan kekeringan, mengakibatkan kerusakan yang merata di segenap wilayah bangsa,” terang Zuliadi dalam khutbahnya yang bertema "Bertaubat, Mengundang Rahmat Allah" itu

"Air Hujan menjadi bukti ketergantungan umat manusia kepada Allah, maka taubat merupakan satu-satunya jalan untuk mengembalikan nikmat tersebut," tuturnya.

Dalam do'a seluruh jama'ah dengan kedua tangan yang terangkat, ketundukan dan kekhusyukan memanjatkan do'a terbaik dengan membumbungkan harapan setinggi-tingginya dan merendahkan diri kepada Allah SWT, agar berkenan menurunkan hujan yang deras atas segenap wilayah negeri. Selain itu, madrasah melakukan penggalangan dana untuk pengadaan air bersi, dibuka sampai Jumat (27/9).

"Alhamdulillah penggalangan dana untuk pengadaan air bersih untuk saudara saudara kita di Gunungkidul hari ini sudah terkumpul 5.515.000 rupiah. Diucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pegawai ananda dan orang tua/wali siswa," ujar Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. (adr/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 188

Bagikan