Screening MTsN 5 Gunungkidul: Wujudkan Siswa Sehat dan Cerdas


Screening MTsN 5 Gunungkidul: Wujudkan Siswa Sehat dan Cerdas Siswi menjalani pemeriksaan hemoglobin bersama petugas Puskesmas Ngawen II di ruang UKS, Kamis (26/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-26 19:09:40

Gunungkidul (MTsN 5 Gunungkidul) -- Kesehatan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan belajar siswa. Ketika siswa belajar dalam keadaan sehat maka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan berprestasi. Untuk itu, MTsN 5 Gunungkidul (Madsalim GK) menyambut baik kegiatan Screening Kesehatan yang diadakan oleh UPT Puskesmas Ngawen II, Kamis (26/9). Kegiatan yang bertempat di ruang UKS dan ruang kelas itu melibatkan seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX. Sebanyak 272 siswa menjalani pemeriksaan tinggi badan, berat badan, mata, telinga, mulut, gigi, detak jantung, tekanan darah dan kadar hemoglobin.


Menurut Staf Bagian Gizi UPT Puskesmas Ngawen II, Budiyana, screening atau penjaringan data kesehatan merupakan program rutin tahunan Puskesmas bagi para siswa baik di sekolah/madrasah tingkat dasar maupun menengah. Tujuannya untuk memperoleh data akurat tentang kondisi kesehatan siswa untuk keperluan program pembinaan kesehatan remaja. "Data screening ini nanti akan kami rekap, jika ada siswa yang mengalami kelainan atau gangguan kesehatan maka kami akan ambil tindak lanjut agar tumbuh kembang siswa di sini bisa optimal. Untuk menghindari stunting juga," ujarnya di sela-sela kegiatan. Bersama 7 staf lainnya, Budiyana melakukan pemeriksaan sekaligus memberi edukasi cara hidup sehat kepada siswa, diantara jenis-jenis makanan bergizi, cara memelihara mulut dan gigi, serta pentingnya sarapan pagi.

Screening MTsN 5 Gunungkidul: Wujudkan Siswa Sehat dan Cerdas

Screening MTsN 5 Gunungkidul: Wujudkan Siswa Sehat dan Cerdas


Sementara itu, Staf Pengelola UKS, Emi Sulistyowati, mengatakan bahwa pihak madrasah sangat apresiasif terhadap kegiatan ini. "Data riwayat kesehatan siswa sangat penting agar UKS bisa melakukan tindakan yang tepat untuk siswa. UKS juga memiliki program-program edukasi kesehatan tentunya dengan kerjasama berbagai pihak, salah satunya Puskesmas, "imbuhnya. Andi, siswa kelas VII mengaku senang mengikuti screening. Ia jadi tahu tinggi badannya, berat badannya, dan kesehatan alat inderanya. Selain itu, juga mendapat wawasan baru tentang cara-cara hidup sehat dan akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. (nes) 

Kontributor : MTSN5GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 148

Bagikan