Tingkatkan Mutu Publikasi, MTsN 5 Gunungkidul Ikuti Workshop Kehumasan


Tingkatkan Mutu Publikasi, MTsN 5 Gunungkidul Ikuti Workshop Kehumasan Kakanwil dan Kasubag Inmas dalam Acara Pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas Kehumasan, Rabu (25/9)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-25 17:46:10

Yogyakarta (MTsN 5 Gunungkidul) -- Humas memegang peranan penting dalam dalam kegiatan publikasi demi kemajuan sebuah madrasah. Untuk meningkatkan kompetensi tenaga humas, MTsN 5 Gunungkidul (Madsalim GK) mengirimkan Person In Charge (PIC) Kontributor Berita, Nindiya Eka Safitri, untuk mengikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Kehumasan. Worskshop diselenggarakan oleh Sub Bagian Informasi dan Humas (Subbag Inmas) Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Rabu (25/9) di Ruang Rapat PTSP Kemenag DIY. Kegiatan dengan 25 peserta dari MTs negeri se-DIY ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan PIC kontributor berita dalam menulis berita sesuai kaidah jurnalistik, baik di media internal maupun eksternal kemenag.


Acara dihadiri oleh Kakanwil dan Kasubag Inmas Kemenag DIY beserta stafnya. Kakanwil Kemenag DIY,  Edhi Gunawan membuka sekaligus memberikan sambutan dalam acara ini. Dalam sambutan, kakanwil menegaskan bahwa saat ini Kemenag sedang menggiatkan Reformasi Birokrasi yaitu pelayanan prima kepada masyarakat salah satunya melalui ketugasan humas. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini. Harapannya nanti banyak muncul berita-berita menarik yang mampu meminimalisir berita-berita miring tentang Kemenag yang selama ini beredar," tandasnya. Sebelumnya, Kasubag Inmas Kemenag DIY, Ahmad Fauzi, mengatakan bahwa saat ini masih banyak kegiatan dan prestasi madrasah yang belum terberitakan. "Masalah publikasi menjadi hal esensial agar citra madrasah dan kemenag semakin baik. Saya berharap PIC dapat membuat berita yang informatif dan inspiratif bagi pembaca," imbuhnya.

Tingkatkan Mutu Publikasi, MTsN 5 Gunungkidul Ikuti Workshop Kehumasan

Tingkatkan Mutu Publikasi, MTsN 5 Gunungkidul Ikuti Workshop Kehumasan


Adapun pemateri workshop adalah staf ahli di Subbag Inhum, yaitu Titik Nur Farikhah, Bramma Aji Putra dan Eko Triyanto. Pemateri pertama, Titik Nur Farikhah menyampaikan materi tentang peranan public speaking dalam kehumasan. Dimana seorang tenaga kehumasan harus memiliki keterampilan berbicara agar mampu menjalin relasi dan menjalankan ketugasan dengan baik. Ia menyampaikan beberapa tips agar lihai berbicara di depan umum. Dilanjutkan materi yang kedua oleh Bramma Aji Putra dengan materi tentang rambu-rambu penulisan berita. Hal-hal teknis dan etika penulisan berita yang baik dan benar banyak dibahas di sini. Terakhir, materi penutup tentang tata cara posting berita di website kemenag disampaikan oleh Eko Triyanto. 


Agenda workshop sangat menarik sekaligus menantang. Pasalnya, seusai pemaparan materi, peserta langsung diminta praktek menulis berita dan dilakukan review oleh pemateri saat itu juga. Bagi Nindiya, ini merupakan pengalaman luar biasa dan menjadi bekal penting untuk melaksanakan ketugasan sebagai PIC kontributor berita agar bisa berperan lebih baik lagi untuk kemajuan Madsalim GK. (nes) 

Kontributor : MTSN5GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 178

Bagikan