Penarikan Mahasiswa PK UNY dari MAN 1 Yogyakarta: Guru, Profesi Penuh Berkah


Penarikan Mahasiswa PK UNY dari MAN 1 Yogyakarta: Guru, Profesi Penuh Berkah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-12-14 12:36:02

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Profesi guru merupakan profesi yang mulia. Lebih dari sekedar materi yang didapat. Bahwa Keikhlasan, kesabaran, dan ketekunan dalam mengajar dan mendidik para siswa akan menghadirkan keberkahan berupa; kesehatan, kententraman, dan kebermanfaatan bagi kehidupan, baik di dunia maupun akhirat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., dalam acara penarikan Mahasiswa Praktik Kependidikan(PK) Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) Tahun 2021, Selasa(14/12/2021) pagi, di Aula lantai 2. “Insya Allah barokah, sehat wal afiat, dan ilmunya yang bermanfaat menjadi amal jariyah,”ujarnya.

Acara penarikan mahasiswa ini, dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan(DPL) Dra. Norberta Nastiti Utami, M.Hum., Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc., dan sejumlah guru-guru pamong dari MAN 1 Yogyakarta.

Mewakili UNY, Norberta Nastiti Utami menyampaikan apresiasi atas kesediaan dan kerjasama madrasah ini, yang telah memberi kesempatan kepada enam belas mahasiswa dari berbagai jurusan; Bahasa, MIPA, IPS, dan Bimbingan Konseling.  Mereka melaksanakan praktik kependidikan, selama lima bulan yakni, mulai 12 Juli 2021 hingga 12 Desember 2021. “Semoga hubungan(kerjasama-red) madrasah ini dengan UNY tetap harmonis,” harapnya.

Pelaksanaan praktik kependidikan, di masa pandemi covid-19 memberi kesan dan pengalaman yang mendalam pada peserta kegiatan ini. Salah satunya Nuraini. Ia menuturkan, pada awalnya, ia masih merasa takut dan ragu untuk mengikuti kegiatan ini. Namun setelah ia mengerti akan kemuliaan profesi guru, serta tukar pengalaman yang ia temukan pada guru-guru madrasah ini, menjadikan ia semakin bersemangat menjadi guru.

“Awalnya saya takut mengajar, tetapi setelah melihat peluang dan kemuliaan guru, serta prestasi yang diraih guru-guru di madrasah ini, saya jadi semangat,” ujarnya bersama Pramudya Arya Wibowo saat mewakili para mahasiswa lainnya.  (dzl)

 

 

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 44

Bagikan