Siswa MAN 1 Yogya Terpilih Jadi Duta Remaja Sehat D.I. Yogyakarta


Siswa MAN 1 Yogya Terpilih Jadi Duta Remaja Sehat D.I. Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-25 09:03:16

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Rahma Salsabila (Kelas X Bahasa dan Budaya) melanjutkan tren positif di ajang Pemilihan Duta Remaja Sehat, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi DI. Yogyakarta, Sabtu (21/9). Berlangsung meriah dengan mengusung tema "remaja sehat, be healthy, be responsible".

Setelah berhasil mewakili Kota Yogya pada ajang Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Exalta dan menjadi Duta Remaja Sehat Kota Yogya (12/9), Yang membuat Salsa berhak bertarung untuk memperebutkan predikat Duta Remaja Sehat PIK-R Exalta di tingkat provinsi DI. Yogyakarta.

Otomatis Salsa hanya punya waktu dua hari untuk mempersiapkan diri dalam tahap seleksi yang dimulai sejak 14 September 2019.  Bersaing dengan 28 peserta se-DIY. Salsabila melaju mulus ke babak 5 besar dan mengantarkannya pada Grand final Pemilihan Duta Remaja Sehat DI. Yogyakarta.

Tahap seleksi yang berlangsung seminggu (14-21/9) sangat menguras tenaga. Diawali dengan pembuatan makalah yang berkisar tentang penanggulangan Tiga Resiko Kesehatan Remaja (TRIAD KRR) yaitu Human Immuno Virus / Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), NAPZA (Narkotika, Psikotrapika, dan Zat Adiktif) dan seksualitas (pergaulan bebas). Kemudian tahap persentasi dan wawancara, sekaligus membawanya menuju 8 besar.

Pada tahap ini masih dilakukan babak penyisihan dengan seleksi wawancara kembali. Selain itu Salsa juga menggalang dukungan di Instagram melalui akun “@dutaremajasehat_diy” dengan cara like atau komen nomor urut 22 untuk vote peserta asal MAN 1 Yogya ini.

Seluruh tahap seleksi berlangsung di dinas kesehatan provinsi DIY. Salsa pun berhasil sampai pada babak 5 besar dan tinggal satu langkah lagi untuk bersaing pada Pemilihan Duta Remaja Sehat 2019.

Pada puncak Pemilihan Duta Remaja Sehat 2019 yang diselenggarakan di Hotel Grand Rosela, Sabtu (21/9) dari pukul 08.00-16.00 WIB.

"Salsa tampil memukau dengan mengutarakan pandangannya tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," ujar Nuryo Handoko, Pembimbing PIK-R MAN 1 Yogya itu.

Tahap seleksi yang panjang ini berakhir setelah Salsa menduduki posisi 4 besar dengan menyabet Juara harapan 1, pada puncak Pemilihan Duta Remaja Sehat 2019 di Hotel Grand Rosela pada Sabtu (21/9) sore. (adr/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 507

Bagikan