MIN 8 Gunungkidul Gelar Sosialisasi Moderasi Beragama


MIN 8 Gunungkidul Gelar Sosialisasi Moderasi Beragama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul memberikan materi pada sosialisasi moderasi beragama, Senin (29/11/2021)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-11-29 15:11:51

Menindak lanjuti tujuh program prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia, MIN 8 Gunungkidul menggelar sosialisasi moderasi beragama di madrasah pada Senin (29/11/2021). Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Sa’ban Nuroni. 

Menurut penuturan Sa’ban Nuroni, proyeksi pendidikan di masa mendatang mengacu pada tiga komponen utama, yaitu karakter, kompetensi, dan literasi. Karakter sendiri terdiri atas karakter moral dan karakter kinerja. Kedua karakter tersebut merupakan buah dari pikiran, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan.

MIN 8 Gunungkidul Gelar Sosialisasi Moderasi Beragama

MIN 8 Gunungkidul Gelar Sosialisasi Moderasi Beragama

Sedangkan kompetensi adalah sebuah kemampuan teknis yang dipupuk melalui 4K, antara lain kritis, komunikatif, koordinatif, dan kolaboratif. Kritis berarti mampu berpikir secara kritis. Komunikatif artinya dapat menyampaikan apa yang diinginkan. Koordinatif berarti mampu menyatukan berbagai macam kepentingan. Sementara kolaboratif merupakan bentuk kesadaran untuk bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

Komponen yang ketiga yaitu literasi diartikan sebagai terbukanya wawasan individu. Minat baca yang tinggi saja tidak cukup untuk menghadapi perkembangan zaman saat ini. Selain minat baca yang tinggi, perlu diimbangi dengan daya baca yang tinggi pula.

“Madrasah sebagai tumpuan harapan umat, benteng runtuhnya moral, dan menjawab arus tantangan zaman perlu mengimplementasikan moderasi beragama dalam kegiatan belajar mengajar agar nilai-nilai tersebut dapat tersampaikan kepada peserta didik,” tutur Sa’ban Nuroni.

Setelah kegiatan sosialisasi ini, diharapkan ada tindak lanjut dari para guru dan tenaga kependidikan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mengimplementasikan pada proses pembelajaran.(tna)

Kontributor : MIN8GK
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 26

Bagikan