Kanwil Kemenag DIY Gelar Bimtek Legal Drafting bagi Pemrakarsa Produk Hukum


Kanwil Kemenag DIY Gelar Bimtek Legal Drafting bagi Pemrakarsa Produk Hukum
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-11-25 09:03:29

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Setiap instansi pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tidak terlepas dari suatu kegiatan mengeluarkan keputusan dan/atau tindakan administrasi sesuai dengan bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya. Penetapan suatu keputusan merupakan sebuah sistem, karena di dalamnya terdapat beberapa tahapan yang terjalin dalam satu rangkaian yang tidak terpisahkan antara satu dan lainnya. 

Hal itu mengemuka saat Bimbingan Teknis Legal Drafting bagi Pemrakarsa Produk Hukum yang digelar Subbag Kepegawaian dan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Rabu (24/11/2021). 

Kanwil Kemenag DIY Gelar Bimtek Legal Drafting bagi Pemrakarsa Produk Hukum

Hadir membuka kegiatan Kakanwil Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. Kakanwil berharap kegiatan yang diikuti 30 peserta ini dapat memberikan kontribusi positif kepada tata kelola perundang-undangan di Kementerian Agama. “Terutama untuk meningkatkan performa serta kinerja institusi Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta,” tandasnya.

Sementara Plt. Kasubbag Kepegawaian dan Hukum Nurhuda menjelaskan, tahapan penetapan keputusan hukum meliputi tahap perencanaan, tahap penyusunan, tahap pembahasan, tahap pengesahan, dan tahap penyebarluasan.

“Sebagaimana diamanatkan dalam PMA nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama, Subbagian Kepegawaian dan Hukum memiliki tugas di antaranya adalah melakukan penyusunan produk hukum,” ujarnya.

Narasumber yang hadir dalam kesempatan ini adalah Yulius Koling Lamanau, Perancang Peraturan Perundang-undangan dari Kanwil Kemenkum HAM dengan materi legal drafting dalam penyusunan MoU dan Keputusan, dan Handoko Wahyudi dengan materi praktik legal drafting. (lut/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 14

Bagikan