Achievement Motivation Training (AMT), MAN 5 Sleman, Bekal Sukses Ujian Nasional


Achievement Motivation Training (AMT), MAN 5 Sleman, Bekal Sukses Ujian Nasional Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu'ad saat memberikan sambutan dalam AMT
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-20 21:29:26

Sleman (Inmas DIY)  - Sejumlah sekolah terutama jenjang SMA/MA mulai mempersiapkan sejak dini dalam rangka menghadapi Ujian Madrasah (UMAD), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Menjadi siswa berprestasi adalah hal yang selalu menjadi impian dan cita-cita setiap siswa. Berkompetisi dan mengikuti berbagai Ujian Nasional untuk bisa mendapat nilai yang terbaik, bukanlah hal yang bisa diraih dengan mudah. Perlu adanya kegigihan, kemauan yang kuat, semangat dan disiplin untuk bisa meraih prestai tersebut.

Keberhasilan siswa dalam menghadapi ujian nasional ditentukan oleh kesiapan mental dan fisik. Dalam  mempersiapkan mental sejak dini agar dapat sukses UMAD, USBN, UAMBN dan UNBK, MAN 5 Sleman menggelar Achievement Motivation Training (AMT), Selasa (17/9). Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini diikuti seluruh siswa-siswi kelas XII yang bertempat di Aula Madrasah setempat. Kegiatan AMT ini mengusung tema “Kita Perkuat Niat dan Semangat Belajar Untuk Sukses UMAD, USBN dan UNBK 2020”.

Achievement Motivation Training (AMT), MAN 5 Sleman, Bekal Sukses Ujian Nasional

Achievement Motivation Training (AMT), MAN 5 Sleman, Bekal Sukses Ujian Nasional

Achievement Motivation Training (AMT), MAN 5 Sleman, Bekal Sukses Ujian Nasional

AMT ini menghadirkan motivator handal M. Roni Indarto, SE, M.Si, mengambil tema The Power of Mind. AMT dibuka dengan tayangan tentang kesuksesan orang-orang yang mengalami cacat fisik dan teruskan dengan beberapa foto yang memotivasi siswa untuk percaya pada pikiran sendiri, tidak mudah menyerah dan selalu bersyukur. Di tengah acara M. Roni Indarto menunujukan kekuatan pikiran dan AMT diakhiri dengan sejenias hipnoterapi kepada salah satu siswa. Dalam AMT ini juga disampikan berbagai kunci sukses Ujian Nasional dan trik meningkatkan motivasi belajar siswa.

Drs. Sumarlan selaku Ketua Panitia di temui disela-sela mengikuti seminar menjelaskan, bahwa AMT ini merupakan salah satu dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan Madrasah untuk menyukseskan UMAD, USBN, UAMBN dan UNBK. “Peserta peserta tampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Ada kiat-kiat khusus agar mampu sukses untuk Ujian Nasional. Penyampaian materi sangat interaktif, melibatkan otak kanan dan kiri dalam game sederhana sehingga menggugah motivasi belajar”, tambah sumarlan yang juga Guru BK ini.

Drs. Aris Fu’ad, selaku Kepala MAN 5 Sleman dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara ini secara resmi menegaskan tujuan AMT untuk memotivasi siswa dalam belajar menghadapi UN. AMT dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum UN agar siswa dapat mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari sehingga dapat mempersiapkan UN sejak dini.

“Diadakannya AMT ini untuk menumbuhkan semangat belajar dalam mempersiapkan UN baik secara fisik dan mental. Semoga dengan AMT ini, siswa lebih tenang, nyaman dan percaya diri saat nanti menghadapi ujian dengan nilai yang memuaskan dan kemudian dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi sesuai dengan harapan siswa,” harap Aris Fu’ad.

Salah satu siswa, Laksmi Savitri Kumala Dewi (XII IPS 1) mengaku bahwa  AMT ini sanagat bermanfaat bagi kami, bisa meningkatkan motivasi belajar kami sejak dini. “UN yang dilaksanakan setiap tahun terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, tetapi dengan AMT ini kami lebih percaya diri untuk menghadapi Ujian Nasional dan meraih kesuksesan dengan persiapan lebih dini”, ujar Savitri penuh semangat. (tmr)

 

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 193

Bagikan