Siswa MAN 1 Yogya Raih Emas pada MYRES Tingkat Nasional di Manado


Siswa MAN 1 Yogya Raih Emas pada MYRES Tingkat Nasional di Manado Arya Daffa Danendra(tengah) diapit Kamad MAN 1 Yogya Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd(kiri) dan Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Dr.H.A.Umar, MA.(kanan)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-19 11:21:55

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Arya Daffa Danendra, siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil menyabet Medali Emas pada Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia di Manado.

Juara pertama pada ajang bergengsi antar madrasah tingkat nasional ini dipastikan diraih oleh Arya Daffa setelah panitia mengumumkan hasil penelitian dewan juri, Rabu (18/9) malam.  Kemudian disusul MAN  IC Gorontalo raih juara 2 dan MAN  2 Kudus yang meraih juara 3.

Arya memenangkan trophy pada bidang sains matematika dan pengembangan teknologi, dengan mengusung penelitian tentang “Suksesi Vegetasi dan Pembentukan Tanah di Daerah Gunung Merapi, Cangkringan, Yogyakarta”. Penelitiannya tersebut berhasil mengantarkannya pada podium tertinggi MYRES. Arya Daffa bukan hanya membuat harum dan bangga MAN 1 Yogyakarta namun juga Kankemenag Kota Yogyakarta dan Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, atas capaian di tingkat nasional tersebut.

"Alhamdulillah MYRES ananda Arya Daffa juara 1 kategori Saintek, terimakasih atas do'a dari civitas akademika MAN 1 Yogyakarta bermartabat dan barokah," tutur Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. yang turut mendampingi langsung Arya Daffa dari mulai tahap seleksi persentasi hingga pengumuman pemenang

MYRES kategori Saintek merupakan penelitian dengan peserta terbanyak hingga mencapai 500 peserta. Dewan juri sangat sulit menentukan juara dengan selisih angka yang begitu ketat, hingga Arya Daffa berhasil menyisihkan banyak peserta dan keluar menjadi Juara.

Keberhasilan Arya ini, menambah daftar prestasi yang diperoleh siswa MAN 1 Yogyakarta. Bahkan baru-baru ini Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarsatya Esza, kedua siswa madrasah ini  berhasil raih medali emas dalam Kompetisi Robotik tingkat Internasional atau International Robotic  Competition, yang digelar International Islamic University Malaysia (IIUM), Sabtu (14/9) kemarin.  (adr/prb/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 594

Bagikan