Metode Edutainment Sebagai Upaya Tingkatkan Semangat Belajar Siswa MAN 2 Bantul


Metode Edutainment Sebagai Upaya Tingkatkan Semangat Belajar Siswa MAN 2 Bantul Siswa bersemangat saat mencari contoh hukum bacaan tajwid
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-10-28 09:35:15

Bantul (MAN 2 Bantul)- Al-Qur’an merupakan kitab pedoman yang wajib dipelajari oleh umat islam. Membacanya dinilai sebagai ibadah. Setiap hurufnya diganjar dengan kebaikan. Membaca Al-Qur'an bagi pemula yang masih terbata, akan menerima pahala yang berlipat ganda karena telah tulus mempelajari dengan penuh perjuangan. Salah satu tahapan membaca ialah dengan mengenal huruf hijaiyah dan kaidah tajwid.

Guna pengoptimalan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa MAN 2 Bantul, madrasah menggalakan program pendampingan Baca Tulis Qur’an (BTQ) yang dimulai sejak Oktober hingga Desember mendatang dengan jumlah 58 siswa dengan 14 guru pendamping. Jadwal kegiatan disesuaikan dengan guru pendamping. “Kami belajar membaca Qur’an disesuaikan dengan jadwal pembelajaran tatap muka saat ini, biasanya setelah jam 09.30 saat kami kebagian jadwal masuk pagi shift pertama”, ucap Meisella, siswa kelas X IPS 2.

“Awal pertemuan, kelompok saya belajar tentang makharijul huruf. Kami juga sesekali menulis penggalan ayat Al-Qur’an. Kami belajar Iqra, Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek. Sekarang sedang belajar tajwid yang dilagukan dengan irama mendung tanpo udan. Kami belajar sambil bernyanyi bersama dengan ibu guru pendamping,  meskipun pembelajaran tiga kali dalam seminggu, rasanya belajar tanpa beban, menyenangkan”, ucap Oktavia salah satu siswa yang hobi bernyanyi. Model pembelajaran yang dipadukan padankan dengan dengan hiburan (edutainment ) akan meningkatkan semangat belajar siswa madrasah. (ken)

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 30

Bagikan