Lejitkan Potensi Siswa, MAN 3 Bantul Gelar Workshop Kepenulisan Sastra


Lejitkan Potensi Siswa, MAN 3 Bantul Gelar Workshop Kepenulisan Sastra Workshop Kepenulisan Sastra di MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-10-15 12:28:19

Bantul (MAN 3 Bantul) – Oktober disambut dengan kemeriahan Bulan Bahasa. Bulan Oktober menjadi momentum lahirnya Sumpah Pemuda yang salah satunya berisi tentang komitmen generasi muda untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Guna memupuk kecintaan generasi muda pada bahasa dan sastra Indonesia, MAN 3 Bantul (MANTABA)menggelar workshop penulisan puisi dan cerpen. Workshop ini dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka terbatas yang diikuti oleh perwakilan setiap kelas mulai siswa kelas X, XI, dan XII. Mahasiswa PLP dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan UIN Sunan Kalijaga turut mendukung pelaksanaan acara ini. Workshop yang dilaksanakan Rabu (13/10/2021) ini menampilkan narasumber penulis muda Khoirul Anam dan Anwar Noeris.

Kepala Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul Dra. Kolif Diniawati, M.Pd.B.I. mengungkapkan acara ini bertujuan untuk menggali potensi siswa dalam berkarya.

Lejitkan Potensi Siswa, MAN 3 Bantul Gelar Workshop Kepenulisan Sastra

Lejitkan Potensi Siswa, MAN 3 Bantul Gelar Workshop Kepenulisan Sastra

“MAN 3 Bantul telah banyak menerbitkan buku karya guru, pegawai, dan siswa. Guna menggali potensi siswa dalam berkarya sastra, khususnya puisi dan cerpen digelar Workhop Kepenulisan. Setelah mengikuti worskhop ini, anak-anak akan didampingi untuk menulis dan kemudian karya-karyanya akan diterbitkan dalam antologi,” ungkap Kholif.

Wakil Kepala Madrasah Sumarna, M.Pd. dalam sambutannya memberikan motivasi untuk anak-anak agar semangat dalam berkarya.

Worskhop ini menjadi kesempatan yang berharga untuk mengembangkan potensi menulis. Setelah mengikuti acara ini, anak-anak pasti berhasil menuliskan karya sastra. Semangat berkarya. Kami nantikan karya generasi emas MANTABA,” tutur Sumarna.

Pemaparan materi dalam workshop disampaikan oleh Khoirul Anam pada sesi pertama. Penyair muda ini memberikan penjelasan tentang karya sastra puisi, kiat menulis dan menampilkan puisi dalam bentuk baca, deklamasi, dan musikalisasi puisi. Ia juga memberikan dorongan agar siswa berani menampilkan karyanya.

“Keberanian dalam berkarya tidak lahir dengan sendirinya. Perlu kita latih dengan sering menulis,” tandas Khoirul.

Setelah pembahasan tentang puisi, pada sesi kedua siswa diberikan penjelasan tentang karya cerpen oleh Anwar Noeris. Penulis muda ini memaparkan kiat menulis cerpen.

“Beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam menulis cerpen diantaranya membaca, musikalitas kalimat, konsisten menulis, memberikan pesan moral, dan memberikan judul menarik,” ungkap Anwar.

Antusias siswa terpancar saat mengikuti setiap pemaparan dalam workshop. Siswa diberikan waktu untuk praktik menulis karya puisi & cerpen. Mereka sangat bersemangat menampilkan karyanya di depan teman-teman peserta workshop.

Setelah workshop ini, siswa akan mendapatkan bimbingan lebih lanjut untuk menulis karya puisi dan cerpen hingga tersusun dan terbit antologi karya siswa. Acara workshop berjalan lancar hingga akhir. Dalam kesempatan penutup, Perpustakaan Ulil Albab menyampaiakan kenang-kenangan buku karya MAN 3 Bantul kepada kedua pembicara. (sal)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 35

Bagikan