Lolos Seleksi Full Paper, Dua Tim Karya Tulis Ilmiah MAN 2 Bantul Siap Unjuk Gigi


Lolos Seleksi Full Paper, Dua Tim Karya Tulis Ilmiah MAN 2 Bantul Siap Unjuk Gigi Alfina dan Bella mempersiapkan power point yang akan dipresentasikan secara virtual pada Sabtu, 16 Oktober 2021 melalui zoom meeting
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-10-14 06:19:52

Bantul (MAN 2 Bantul)- Menulis merupakan sebuah proses menuangkan ide dalam bentuk tulisan berupa informasi yang disampaikan kepada orang lain. Menulis menjadi salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Tulisan yang baik akan memudahkan pembaca memahami isi pesan yang terkandung di dalamnya. Tulisan yang paling popular ialah karya tulis imliah. Menurut Eko Susilo (1995) karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.

Dua tim dari MAN 2 Bantul lolos dalam seleksi full paper karya tulis ilmiah Escom Fair#2  yang diselenggarakan oleh HMPS Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga dengan tema Optimalisasi Strategi dan Inovasi Peran Generasi Milenial Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Tim pertama diwakili oleh yakni Mia Sabila (XI IPS 1) serta siswi kelas XII MIPA 3 yakni Elly dan Swidia. Tim lainnya beranggotakan Alfina Salma Fataya yang merupakan siswi dari kelas XI MIPA 3 dan Bella Cindy, siswi kelas XI MIPA 1. Kedua tim tersebut dibimbing oleh Sumardiasih, S.Pd dan Moh Lutfi Salim Al Hanani.

Efektifitas Kunsa Spray Sebagai Pertisida Nabati Ramah Lingkungan Guna Membasmi Hama Kutu Kebul menjadi judul dari tim pertama. Sedang tim kedua mengangkat tema tentang sosial dan budaya dengan judul Analisis SWOT Potensi Wisata Ziarah di Kabupaten Bantul di Era Pandemi”. Adapun objek yang ditulis terkait dengan Panembahan Bodho dan Makam Raja Imogiri. Makam imogiri dibangun pada 1632, tepatnya pada masa Kerajaan Mataram Islam dipimpin oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma (1613-1645). Dengan di kepalai oleh Kiai Tumenggung Citrokusumo, kompleks pemakaman itu dibangun dengan perpaduan arsitektur Hindu-Islam. Menariknya, khusus pada hari Senin dan Jumat merupakan hari yang istimewa, dimana pintu makam di buka lebar sampai dengan pintu makam raja Imogiri. Mereka yang akan berziarah diwajibkan mengenakan pakaian adat.

 “Saya senang dengan adanya kesempatan yang diberikan kepada kami. Sabtu, 16 Oktober 2021 kami akan mempresentasikan tulisan kami secara virtual melalui zoom meeting. Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar memberikan hasil terbaik untuk MAN 2 Bantul walaupun jauh di lubuk hati kami nerveous dan deg-degan”, ucap Alfina. “Dengan mengikuti perlombaan ini, selain mengasah kemampuan, kami mendapat pengalaman baru yang berkesan. Kami tidak memiliki laptop, maka kami memanfaatkan komputer perpustakaan untuk mempersiapkan semuanya”, tutur Bella di sela kesibukannya membuat power point pada Rabu (13/10/2021). Karya tulis ilmiah disusun berdasar penelitian, percobaan, sarat akan sumber dan narasumber, menghimpun sumber pustaka sebagai landasan teori dan cermat akan ruang lingkup sehingga tidak melebar kepada pembahasan yang tidak diperlukan, oleh karenanya menyusun sebuah karya tulis ilmiah membutuhkan keterampilan tertentu karena selain dituntut untuk mapan secara intelektual, penulis juga dituntut untuk menyajikan tulisan yang diterima banyak orang yakni dapat dibaca dengan nyaman, dimengerti, dan dipahami oleh pembacanya. (ken)

 

Kontributor : MAN 2 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 110

Bagikan