Pengawas Madrasah Kunjungi Proses Pembuatan Batik di MTsN 8 Sleman


Pengawas Madrasah Kunjungi Proses Pembuatan Batik di MTsN 8 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-10-06 14:23:42

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman senantiasa terus berinovasi, terutama untuk melayani kebutuhan pembelajaran anak didiknya. Salah satu keterampilan yang terus digaungkan madrasah yang berada di wilayah Prambanan tersebut diantaranya program membatik.

Sebagai madrasah yang mempunyai pembelajaran keterampilan khusus batik, tentu diperlukan keahlian yang mumpuni dari para pengajar untuk dapat ditularkan kepada siswa – siswinya. Hal tersebut dikatakan Kamad Jazim Kholis, S.Ag. saat mendampingi pengawas Madrasah, Ali Shofa, S.Ag. menengok proses pengerjaan batik di MTsN 8 Sleman.

Di sela monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional, Selasa (05/10/2021) Ali Shofa diperkenalkan proses pembuatan batik serta produk batik hasil karya siswa maupun guru madrasah. Pada kesempatan tersebut, salah satu guru batik Rapih Raharjo turut menjelaskan proses produksi batik dari awal sampai menjadi kain yang siap untuk dijahit.

“Sebagaian besar batik yang dihasilkan merupakan batik kontemporer, dimana motif batik tersebut lebih mengedepankan pewarnaan bersifat gradasi serta perpaduan warna yang indah dengan dipoleskan menyatu membuatnya tak memiliki batas antara warna,” ujar Rapih saat memberi penjelasan.

Saat ditunjukkan hasil batik yang sudah jadi Ali Shofa pun memuji batik khas MTsN 8 Sleman tersebut, dan berharap pembelajaran keterampilan batik dapat meningkatkan kreatifitas serta melatih jiwa entrepreneurship bagi para siswa.

Sebagai penguatan branding madrasah, batik hasil karya siswa maupun guru yang telah dibuat digunakan sebagai seragam identitas madrasah pada hari Sabtu.(imm)

 

*#Tetap Sehat dan Semangat*

*#LawanCovid-19*

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 75

Bagikan