Ajang Pelatihan Demokrasi di MTsN 2 Kulon Progo


Ajang Pelatihan Demokrasi di MTsN 2 Kulon Progo
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-14 20:14:43

Kulon Progo (Matsadaku) - Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) menjadi pembelajaran demokrasi yang penting bagi siswa siswi MTsN 2 Kulon Progo masa bakti 2019-2020, pada hari Sabtu (14/9)

Kepala MTsN 2, Muhammad Dwi Purwanto memberikan pesan ketika membuka acara sumpah dan janji panitia Pemilos yang terdiri dari semua pengurus OSIS periode sebelumnya dan beberapa pembina OSIS. “ Terima kasih kepada semua panitia dan pembina OSIS yang telah membimbing dan menyiapkan Pemilos ini,  selamat juga kepada para calon ketua OSIS, yang akan melanjutkan program kepengurusan sebelumnya, tentu kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai bekal di masyarakat nanti dan menjadi ajang praktik demokrasi, setidaknya sebagai pembelajaran politik yang langsung umum bebas dan rahasia yang diimplementasikan di madrasah,”pesan Dwi.

Ajang Pelatihan Demokrasi di MTsN 2 Kulon Progo

Ajang Pelatihan Demokrasi di MTsN 2 Kulon Progo

Selanjutnya Pembacaan bersama sumpah/janji sebagai panitia Pemilos yang dipandu oleh panitia Muhammad Najmudin dan dibimbing langsung oleh Pembina OSIS H. Khoiron. Di sela sela Breefing, Khoiron menyampaikan, “ Kita coba jalankan pelatihan demokrasi seperti yang dilaksanakan di masyarakat agar anak-anak mendapatkan pengalaman tersendiri dari pemilos ini dan siapa pun yang terpilih semoga akan lebih baik dalam mendukung semua program madrasah,”ujar Khoiron

Tiga calon ketua OSIS yaitu Lucky Andrian Pratama dengan nomor urut 1, Aji Setiawan dengan nomor urut 2, dan Alya Nabila dengan nomor urut 3. Surat suara, sarana pra sarana dan tata laksana  pemilihan pun dilaksanakan sebagaimana di KPPS.  Hal ini diungkapkan oleh pembina pelaksana  Pemilos, Agus Prayitno, “Semua langkah pemilihan Ketua dari mulai persiapan dan pelaksanaan tahun ini insya Allah  lebih tertib, pembelajaran di kelas tidak terganggu dan anak-anak merasakan seperti halnya Pemilu yang baru saja mereka saksikan,”tutur Agus.

 Hasil akhir perolehan suara terbanyak diraih oleh Aji Setiawan (307 suara), Lucky Andrian Pratama (59) suara dan Alya (38 suara) jumlah total 404 suara adapun suara tidak syah berjumlah 9 suara. (tim)

 

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 366

Bagikan