Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara 2 KSM Bidang Kimia Tingkat DIY


Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara 2 KSM Bidang Kimia Tingkat DIY Azza Aqila Mumtaz
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-10-04 17:37:20

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) - Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Pada Minggu (19/09/2021) empat siswa MAN 2 Yogyakarta berlaga ikuti KSM Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bertempat di MAN 1 Yogyakarta, dimulai pukul 08.00 WIB berdurasi 3 jam untuk Bidang Ekonomi, Kimia, Geografi, Matematika, Biologi, dan Fisika.

Azza Aqila Mumtaz dengan Pembimbing Sri Dewi Subaroroh, S.Pd raih Juara 2 Bidang Kimia Terintegrasi Tingkat MA se DIY. Capaian yang membanggakan, mengingat meratanya kemampuan kompetitor KSM dari Madrasah Aliyah di wilayah DIY. KSM Bidang Kimia tidak hanya menyajikan persoalan materi sains kimia, namun terintegrasi dengan materi keagamaan. KSM menuntut para siswa dapat menguasai tidak hanya materi bidang sains namun juga materi keagmaan dengan baik.

Wakaur KUrikulum, Fajar Basuki Rahmat dan Koordinator KSM, Leni, S.Si saat mendampingi Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa menyampaikan harapan senada. Harapan, dan pesan yang disampaikan kepada Azza, “meskipun belum juara 1 dan belum memiliki kesempatan mewakili DIY, tidak perlu berkecil hati. Apa yang sudah diraih menjadi juara 2 KSM Tingkat DIY, sudah merupakan prestasi yang membanggakan. Perlu terus belajar dengan baik, untuk meraih kesuksesan yang tertunda. Dengan pembimbing Ibu Sri Dewi Subaroroh, pupuk dan terus tingkatkan pengetahuan, sehingga siap juga berkompetisi di even lain juga telah menyiapkan sejak dini menghadapi UTBK. UTBK sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi.” (pus)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 141

Bagikan