Murotal, Keterampilan yang harus Dikuasai Pembimbing Tahfidz MANDAKU


Murotal, Keterampilan yang harus Dikuasai Pembimbing Tahfidz MANDAKU KH M. Rifqy S.Ag menjelaskan metode murotal dihadapan peserta pelatihan pembimbing tahfidz MANDAKU Kamis, 12 september 2019
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-13 11:14:40

Kulon Progo ( MAN 2 ) - Murotal merupakan materi terakhir yang dipilih dalam pelatihan pembimbing tahfidz MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU), Kamis (12/9) di Ruang Ava. Sebagaimana yang tertera dalam Surat Al Muzammil ayat 4 bahwa bacalah Al Quran dengan tartil atau perlahan-lahan.

Murotal  dibimbing oleh KH. M. Rifqy, S.Ag  yang pernah mengikuti lima kali MTQ Nasional. Rifqy menjelaskan bahwa pembimbing tahfidz agar menguasai 3 jenis murotal; yakni hijaz, nahwan dan ross. Ketiganya merupakan metode murotal yang populer dan sering digunakan para Imam Masjidil Haram dan Imam Masjid Nabawi. “ Dengan menguasai materi murotal tersebut dimaksudkan agar bacaan Al Quran siswa menjadi lebih indah didengar dan tidak monoton,” jelasnya.

Murotal, Keterampilan yang harus Dikuasai Pembimbing Tahfidz MANDAKU

”Meskipun bacaan Al Quran itu dilagukan, tetapi ‘makhorijul huruf’ dan ‘tajwid’ selama membaca tetap harus diperhatikan,” tegas Rifqy.  Antusiasme peserta pada materi ini meningkat sampai berakhirnya rangkaian pelatihan.

Sebelum pelatihan ditutup secara resmi, koordinator keagamaan MANDAKU Drs. Suyasman, MA berharap setelah adanya pelatihan dapat mambangkitkan ‘ghiroh’  dalam menghafal Al Qur’an  baik untuk pribadi maupun siswa. “Semoga juga dapat memotivasi guru lain untuk belajar Al Qur’an dan tidak menjadikan usia itu sebuah halangan untuk mempelajarinya,” harapnya dengan penuh semangat. (rid/est)

 

Kontributor : MAN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 296

Bagikan