Tim ZI MTsN 9 Bantul Ikuti Bimtek e-Learning Pengendalian Gratifikasi Ditjen Pendis Kemenag RI


Tim ZI MTsN 9 Bantul Ikuti Bimtek e-Learning Pengendalian Gratifikasi Ditjen Pendis Kemenag RI
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-09-23 10:41:35

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Tim Zona Integritas MTs Negeri 9 Bantul mengikuti Bimbingan Teknis e-Learning Pengendalian Gratifikasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Zoom Meeting, pada Rabu (22/09/2021). Dikomando langsung oleh Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., semua tim ZI MTsN 9 Bantul menyimak bimtek sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia; Dr. Deni Suardi, Inspektur Jenderal Kemenag RI; dan Sandy Satria, Agen Perubahan sekaligus Tim Pengembang Sistem Program pada Subbagian Pengaduan Masyarakat dan Sistem Informasi Pengawasan Itjen Kemenag RI.

 

Dalam sambutannya, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa gratifikasi merupakan akar dari korupsi. Dia mengingatkan agar semua pegawai di bawah Kemenag tidak menyepelekan gratifikasi sekecil apa pun. Dia memberikan gambaran bahwa seseorang akan terpeleset di atas batu kecil, bukan batu yang besar. Oleh karena itu, gratifikasi kecil pun bisa membuat seseorang terpeleset ke dalam jurang korupsi.

 

Selain itu, Muhammad Ali Ramdhani pun berharap, setidaknya ada 2000 ASN Kemenag yang mengakses portal elearning.kpk.go.id untuk dapat mempelajari lebih mendalam terkait pengendalian gratifikasi. Sementara itu, Deni Suardi menegaskan bahwa gratifikasi mempunyai ciri khas, yaitu segala bentuk hadiah yang berhubungan dengan kepentingan jabatan.

 

Selanjutnya, Sandy Satria memberikan arahan secara teknis untuk mengakses e-learning pengendalian gratifikasi yang disediakan oleh KPK di portal elearning.kpk.go.id. Portal pembelajaran ini disediakan oleh KPK untuk memberikan literasi tentang gratifikasi kepada masyarakat umum. Menindaklanjuti hal ini, Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul berharap agar semua ASN di MTsN 9 Bantul dapat mengikuti pembelajaran gratifikasi di portal tersebut.

 

“ASN di MTsN 9 Bantul kami harap dapat mengikuti pembelajaran di e-learning pengendalian gratifikasi agar dapat menguatkan tim ZI di madrasah,” pungkas Atik. (and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 25

Bagikan