Empat Wakil MAN 2 Kulon Progo Ikuti Ajang KSM Tingkat DIY


Empat Wakil MAN 2 Kulon Progo Ikuti Ajang KSM Tingkat DIY Peserta KSM Provinsi berfoto bersama dengan kamad dan guru pendamping di MAN 1 Yogyakarta, (19/9/2021).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-09-22 18:36:56

Kulon Progo (MAN 2 KP -MANDAKU)--Selamat berjuang anak-anak Tim KSM Provinsi, berbagai ikhtiar sudah kita lakukan. Pembinaan dan pendampingan oleh Bapak Ibu guru Mapel KSN dan juga motivasi berpretasi juga sudah kita laksanakan. Selebihnya kita pasrahkan hasilnya kepada Allah, Insya Allah apapun hasilnya adalah yang terbaik.” Itulah doa dan motivasi Kepala MAN 2 Kulon Progo saat melepas empat wakilnya di ajang KSM provinsi, (19/9).

“Hasil akhir kompetisi ini tidak semata mata pada kalah dan menang, tapi juga membentuk karakter unggul untuk anak-anak madrasah. Mandiri, tanggung jawab, pantang menyerah,  dan jujur. Dan kedepan harapannya anak-anak Tim KSM MANDAKU memiliki jiwa kompetitif tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kancah internasional,” tambahnya.

Empat Wakil MAN 2 Kulon Progo Ikuti Ajang KSM Tingkat DIY

Empat Wakil MAN 2 Kulon Progo Ikuti Ajang KSM Tingkat DIY

Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir di kalangan masyarakat, terutama ekses (peristiwa yang melampaui batas) negatif yang muncul dan tidak dapat diingkari sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun girah (semangat) dalam kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Pada ajang KSM Tahun 2021, MAN 2 Kulon Progo mengirimkan empat peserta terbaik mewakili Kabupaten Kulon Progo. Empat peserta tersebut yakni Anindhita Damayanti (XII MIPA 1) Mapel Matematika, Annisa Ayu Muthi’ah (XI MIPA 2) Mapel Fisika, JB Fui Icha Ye Syen (XII IPS 2) Mapel Ekonomi, dan Muhammad Hilman Al Fawwaz (XI IPS 3) Mapel Geografi. Mereka mengikuti kegiatan simulasi KSM provinsi yang bertempat di MAN 1 Yogyakarta di tanggal 18 September 2021. Pada esoknya, Minggu, 19 September 2021, peserta mengikuti KSM provinsi di tempat yang sama. (mar/ast)

Kontributor : MAN2KP
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 16

Bagikan