MIN 8 Gunungkidul Gelar Pelatihan dan Pembinaan Penguatan Kapasitas Guru


MIN 8 Gunungkidul Gelar Pelatihan dan Pembinaan Penguatan Kapasitas Guru Sihyu Darini sedang menyampaikan sambutannya, Selasa (14/9/2021)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-09-15 10:32:59

Gunungkidul (MIN 8 Gunungkidul)—Dunia pendidikan merupakan pintu gerbang untuk membangun manusia menuju peradaban yang lebih baik. Peran guru menjadi ujung tombak pelaksanaan pendidikan untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas. Memasuki revolusi industri 4.0 saat ini memunculkan gagasan pendidikan 4.0 yang mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran. Untuk menghadapi hal tersebut, MIN 8 Gunungkidul menggelar penguatan kapasitas guru dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, Selasa (14/9/2021).

Mengikuti gagasan pendidikan 4.0, penguatan kapasitas guru MIN 8 Gunungkidul diisi dengan pelatihan teknologi. Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.  Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan sistem tutor sebaya dimana Agustina yang merupakan salah satu guru MIN 8 Gunungkidul bertindak sebagai narasumber.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sihyu Darini selaku pengawas MIN 8 Gunungkidul dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Gunungkidul, Supriyanto.

Dalam sambutannya, Sihyu menjelaskan bahwa tugas guru tidaklah mudah karena pendidikan lebih dari sekedar mengajar. Dalam masa pandemi seperti ini, tantangan guru semakin berat. Oleh karena itu kemampuan guru harus bertambah dan terus diasah. “Metode dan cara pembelajaran harus terus dievaluasi,” pesan Sihyu.

Senada dengan pesan pengawas madrasah, Supriyanto juga menegaskan bahwa tidak ada pendekatan dan metode pembelajaran yang paling benar. Guru harus pandai memilih pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat. Supriyanto juga menyampaikan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala madrasah dan para pendidik agar selalu tertanam pada diri masing-masing sebagai bentuk tanggung jawab atas profesi yang diemban. (tna)

Kontributor : MIN8GK
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 84

Bagikan