Kemenag DIY Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan 2021


Kemenag DIY Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan 2021 Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. membuka kegiatan pemilihan penyuluh teladan, Selasa (14/9/2021)
Kategori : BIDANG/PEMBIMAS
Tanggal : 2021-09-14 22:30:49

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penais Zawa) menyelenggarakan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021. Kegiatan berlangsung di ruang rapat 3 Lt. 2 Kanwil Kemenag DIY, Selasa, (14/09/21) pukul. 09.00 WIB - Selesai. 

Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. didampingi Kabid. Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY Drs. H. Sigit Warsita, MA membuka secara resmi acara Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 tersebut.

Kemenag DIY Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan 2021

Kemenag DIY Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan 2021

Dalam arahannya Masmin Afif mengutarakan bahwa Penyuluh Agama Islam pada hakikatnya adalah pelaku dakwah yang menyampaikan pesan agama melalui bahasa agama yang baik, di mana peran serta Penyuluh Agama Islam sebagai penyejuk dan penyambung lidah atau informasi dari Kementerian Agama kepada masyarakat. "Karena itu bahasa agama yang disampaikan haruslah lebih santun, dan tidak mengandung unsur negatif apalagi provokatif," terangnya. 

"Sebagai garda terdepan serta benteng dalam masuknya ajaran dan paham aliran bermasalah dan radikalisme, berdasarkan urgensi dan peran strategi penyuluh agama di tengah masyarakat, maka dibutuhkan penyuluh agama yang memiliki komitmen, inovasi, kreativitas, kualitas dan akuntabel," ujarnya lagi 

"Penyuluh Agama bisa meningkatkan kerukunan umat beragama, karena di Indonesia pemeluknya tidak hanya satu agama, sehingga kita berbangsa dan bernegara, maka bersama-sama hidup berdampingan mewujudkan toleransi beragama, dengan suasana kondusif jangan dipertajam keadaan apabila ada perbedaan, tetapi kita diberi ajaran saling menghargai dan menghormati," tandas Masmin Afif mengakhiri sambutannya. 

Selaku penyelenggara Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY Sigit Warsita melaporkan peserta yang mengikuti pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS DI Yogyakarta Tahun 2021 berjumlah 10 orang.  "Terdiri dari lima orang PAI PNS dan lima orang PAI Non-PNS merupakan wakil dari masing-masing Kabupaten/Kota yang akan mempresentasikan hasil Karya Ilmiahnya di hadapan para dewan juri untuk mencari yang terbaik dan nantinya akan maju ke Tingkat Nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta," jelasnya. (nrl/eko)

Kontributor : Sri Nurul
Editor : Sri Nurul
Dibaca : 22

Bagikan