Teliti Pernikahan Tembakau, Siswa MAN 4 Bantul Pergi ke Windusari Magelang


Teliti Pernikahan Tembakau, Siswa MAN 4 Bantul Pergi ke Windusari Magelang Siswa Manembayo melakukan wawancara
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-09-12 14:05:31

Bantul (MAN 4 Bantul) – Sembilan tim MAN 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) telah dinyatakan lolos proposal oleh panitia pada Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI). Selanjutnya mereka akan membuat penelitian utuh atau full paper. Salah satu dari sembilan penelitian yang lolos membahas tentang Budaya Pernikahan Tembakau.

Pada Kamis (26/08/21) dua siswa Manembayo mendatangi daerah Windusari Magelang untuk melakukan penelitian. Pernikahan Tembakau adalah budaya mengarak tanaman tembakau yang disebut Kiai Pulung Soto dengan Nyai Srintil sebagai wujud syukur atas panen yang mereka terima Pencipta. Mereka berharap dari penelitiannya dapat menghimpun data yang lengkap sebagai modal penelitian.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno membenarkan jika siswanya pergi ke Windusari Magelang untuk melakukan penelitian. Nantinya penelitian itu akan diikutikan pada KoPSI Tahun 2021. Selain itu penelitian akan menjadi bahan belajar anak didiknya serta pengaplikasian ilmu yang telah diterima selama di Manembayo. “Mereka melakukan penelitian dalam rangka menyempurnakan penelitian dan sebagai pratek atas ilmu yang telah mereka pelajari,” ujar Singgih. (uun)   

Tetap Sehat dan Tetap Semangat Lawan Covid-19

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 35

Bagikan