Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi


Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi Ahmad Musyadad, S.Pd.I.MSI selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menyampaikan telaah kurikulum didampingi Kepala MTsN 8 Bantul, H.Sugiyono, S.Pd. dan Waka Kurikulum Munawar, S.Ag.MSI. (Dok. Joko Purwanto, S.Pd.)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-09-01 07:24:18

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Setelah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masa normal dan darurat pandemi Covid-19 tahun pelajaran 2021/2022 selesai disusun Tim Pengembang Kurikulum, MTsN 8 Bantul menggelar uji publik, Senin (31-08-2021) di aula pertemuan MTsN 8 Bantul. Tak kurang 25 orang hadir dalam uji publik diantaranya guru, pegawai tata usaha, Purwanto selaku tokoh masyarakat, perwakilan siswa, dan Ahmad Musyadad, S.Pd.I, MSI selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Kankemenag Bantul).

Acara diawali pembukaan dengan membaca Al Fatihah bersama dilanjutkan pembacaan ayat – ayat suci Al Qur’an oleh pegawai tata usaha madrasah, Rushadi. Selanjutnya Kepala MTsN 8 Bantul, H. Sugiyono, S.Pd. dalam sambutan memohon kepada Ahmad Musyadad untuk memberikan telaah dan masukan kurikulum masa normal dan darurat yang telah disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum madrasah dengan visi Matsadeba Berkembang. Ia juga berharap semua guru mencermati, memberikan masukan, dan melakukan evaluasi. “Kami berharap Bapak Ibu guru semua setahun ini kami mohon untuk juga mencermati, sekaligus memberikan masukan, sekaligus untuk menjadi garda terdepan melaksanakan KTSP kita di MTsN 8 Bantul. Dengan harapan semakin baik dan semakin baik” harap Sugiyono.

Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi

Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi

Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi

Uji Publik Kurikulum, MTsN 8 Bantul Beri Penghargaan Siswa dan Guru Berprestasi

Pemaparan KTSP masa normal dan pandemi dilaksanakan oleh Waka Humas Drajad Hadi Wibowo, S.Pd. Drajad menyampaikan bahwa KTSP disusun untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional tanpa mengurangi kesesuaian dan kekhasan kondisi, potensi peserta didik dan lingkungan daerah tempat madrasah berada. Pada presentasi dengan alat bantu laptop, proyektor, dan screen tersebut, Drajad menyuguhkan latar belakang, penggunaan analisis Strenghts  Weaknesses, Opportunities, and Threaths (SWOT) dalam menentukan kurikulum,  visi dan misi madrasah, struktur kurikulum dan perbedaan muatan, tahap, rangkaian kegiatan pembelajaran, kentuntasan belajar, pengembangan diri, syarat kenaikan dan kelulusan siswa pada kurikulum masa normal dan pandemi.

Ahmad Musyadad selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul mengawali telaah kurikulum dengan sanjungan kepada MTsN 8 Bantul dimana wajah dan lingkungan madrasah sudah berubah menjadi madrasah luar biasa. Sebagaimana diketahui bahwa madrasah terletak di Dusun Banjarharjo 2, Kalurahan Munthuk, Kapanewon Dlingo merupakan madrasah berkonsep taman. Pemandangan indah, rindang, sejuk dan tertata rapi mulai dari pintu masuk hingga lapangan upacara bisa ditemui siapa saja yang berkunjung ke madrasah.

Ahmad menyampaikan bahwa inovasi merupakan hal yang sangat penting pada zaman saat ini. Siapa yang terus melakukan inovasi maka akan maju dan tak pernah ketinggalan zaman. Sehingga ia berharap MTsN 8 Bantul harus terus melakukan inovasi dan pengembangan di berbagai sudut agar bisa bersaing dan semakin maju ke depan. Ia menukil Al Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11 dimana Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka.” Selain itu, ia memberikan rambu – rambu Keputusan Dirjen Pendis Nomor 2791 tahun 2020 tentang panduan kurikulum darurat pada madrasah dimana pada kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak berjalan secara normal seperti biasanya sehingga madrasah perlu membuat 2 kurikulum yaitu kurikulum normal dan darurat. Adapun beberapa masukan yang diberikan diantaranya misi harus disesuaikan dengan visi sehingga jika di breakdown akan ‘nyambung’ dan indikator pencapaian juga harus jelas dan terukur sehingga dapat dinilai dan dievaluasi.

H. Mugiyanta, MSI selaku pengawas MTsN 8 Bantul tidak bisa hadir karena berbarengan acara mengirimkan video sampel telaah kurikulum yang dilakukannya di salah satu madrasah melalui link youtube di channelnya. Seluruh peserta uji publik melihat dan memperhatikan hal – hal penting yang dapat mendukung kemajuan madrasah.

Ada yang menarik di acara uji publik yaitu sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada siswa dan guru MTsN 8 Bantul yang berprestasi di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2021, Kepala MTsN 8 Bantul melalui Ahmad Musyadad menyerahkan piagam penghargaan dari madrasah. Penghargaan tersebut diberikan kepada Shafira Aurelia Azzahra selaku dari kelas IX.A selaku peraih Juara 1 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terintegrasi dan guru pembimbing Wahyudi Supriyatno, S.Pd. Penghargaan selanjutnya diberikan kepada Nafa Aulia Putri dari kelas IX.A selaku peraih Juara Harapan 2 Mata Pelajaran Matematika Terintegrasi dan guru pembimbing Puji Suryani, SP. Direncanakan para juara akan menerima penghargaan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul pada Rabu, 01 September 2021. (jkp)

Kontributor : MTSN8BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 29

Bagikan