Efektifkan PJJ, MTsN 4 Bantul Evaluasi Penggunaan Geschool dalam Pembelajaran


Efektifkan PJJ, MTsN 4 Bantul Evaluasi Penggunaan Geschool dalam Pembelajaran
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-28 19:35:34

Bantul (MTsN 4 Bantul) - Pembelajaran secara daring sampai saat ini menginjak tahun ke-2, sampai saat ini sistem pembelajaran ini tetap dilaksanakan sehubungan pandemic masih belum berakhir. MTsN 4 Bantul tetap melaksanakan pembelajaran menggunakan media geschool sebagai sarana penyampaian materi belajar siswa.

Geschool merupakan salah satu website jejaring sosial yang berbasis ilmu pengetahuan. Geschool juga menyediakan fitur pertemanan sehingga layak untuk menjadi media sosial baik pelajar, guru, alumni, orang tua dan masyarakat umum. Aplikasi Geschool yang dulu hanya digunakan sebagai platform belajar daring di kelas ICT pada akhirnya digunakan oleh seluruh siswa selama pembelajaran di masa pandemic. MTsN 4 Bantul tetap menerapkan geschool dalam pembelajaran karena berdasar pengalaman selama beberapa tahun sebelum pandemi menunjukkan banyak kelebihan daripada platform pembelajaran daring yang lain.

Kelebihan dirasakan Guru MTsN 4 Bantul bahwa dengan menggunakan Geschool merasa sangat terbantu dengan aplikasi tersebut. Cara pengoperasian yang mudah, kemudahan dalam mengelola kelas daring, hasil pekerjaan peserta didik yang langsung bisa dikoreksi oleh sistem, dan pengaturan waktu pembelajaran yang benar-benar sama seperti pembelajaran tatap muka. Proses pengunggahan materi dan latihan soal sangat mudah. Rekapan kehadiran peserta didik langsung muncul sehingga memudahkan guru dalam mengecek absensi peserta didik. Guru dan wali kelas bisa langsung mengambil tindak lanjut jika ada peserta didik yang tidak mengikuti pelajaran. Keunggulan Gechool yang lain yaitu bisa memuat link aplikasi lain seperti link youtube, googleform, googledrive, dan lain-lain. Hal ini berarti Geschool bisa mencakup platform pembelajaran daring lain, tetapi platform pembelajaran daring lain belum tentu bisa mengakses Geschool.

Sebagai upaya memantapkan pembelajaran di MTsN 4 Bantul, Sabtu(28/8/2021) dilaksanakan evaluasi penggunaan geschool sebagai pembelajaran jarak jauh. Evaluasi diikuti oleh seluruh guru MTsN 4 Bantul sebanyak 54 orang secara virtual menggunakan google meet.

“Memasuki bulan ke-2, saya harapkan semua guru telah menerapkan pembelajaran geschool dalam menyampaikan materi pelajaran ke siswa, untuk itu kami ingin mengetahui sejauhmana penggunaan geschool ini dalam pembelajaran,”ujar Kepala Madrasah Siti Solichah,S.Pd.

Evaluasi yang berlangsung selama satu setengah jam tersebut berhasil mengumpulkan permasalahan terjadi selama pembelajaran. Siswa yang mengalami permasalahan masuk aplikasi, guru yang mengalami kesulitan penggunaan IT, dan kedisiplinan siswa dalam memenuhi tugas guru dapat teratasi dengan evaluasi ini.

“Untuk memaksimalkan penggunaan geschool, setiap bulan akan dilaksanakan evaluasi geschool agar efektif dilaksanakan untuk pebelajaran, untuk itu saya berharap guru telah melaksanakan secara penuh dalam pembelajaran,”ujar Siti Solichah.(khj)

 

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 25

Bagikan