’GELORA 76 MANDAKU’ Hadirkan Ketua PPAL Veteran


’GELORA 76 MANDAKU’ Hadirkan Ketua PPAL Veteran H. Sugiyo saat Bincang Santai dengan OSIMADA (OSIS MANDAKU) di acara GELORA 76. Jumat (27/8/2021).
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-28 16:13:40

Kulon Progo (MAN 2 KP)—Bertajuk ‘GELORA 76 MANDAKU’ MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU) menggelar puncak acara peringatan 17 Agustus HUT Ke-76 RI, Jumat (27/8/2021). Acara kreatif yang digawangi OSIMADA (OSIS MANDAKU)  ini  disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube https://youtu.be/S1pCU9BWq0w . GELORA 76 (Generation of the Lost Era) mempersembahkan Podcast Bincang Santai Bersama Pejuang Veteran Indonesia, Sugiyo, ketua PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut) Veteran Indonesia.

Acara diawali dengan bincang santai dengan Sugiyo yang menuturkan perjalanan panjang selama menjadi TNI AL. Suka duka selama menjadi TNI AL dialami dengan senang hati. Duka yang paling dirasakan ketika harus berpisah dengan kekuarga saat menjalankan tugas. Namun, duka ini tentu bukan menjadi penghalang karena semamgat untuk bela negara lebih besar. Sugiyo juga menyampaikan rasa terimakasihnya telah diundang dalam puncak acara HUT Ke-76 Ri di MANDAKU.

’GELORA 76 MANDAKU’ Hadirkan Ketua PPAL Veteran

’GELORA 76 MANDAKU’ Hadirkan Ketua PPAL Veteran

Sugiyo yang semenjak kecil ingin jadi tentara ini, akhirnya diterima menjadi Angkatan Laut. Lari tiap pagi dengan target dan tidak asal-asalan. “Jika ada keinginan, harus usaha betul-betul dan tidak bergantung pada fasilitas. Terinspirasi saat rapat akbar Pembentukan Komando Trikora yang dipimpin Presiden Soekarno dan Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito di alun-alun utara Yogyakarta saat itu,” demikian dituturkan sosok tangguh yang sangat terkesan bagaimana mengubah mental sipil menjadi mental tentara, bahwa bekerja di bidang apapun harus bermodal senang bila ingin sukses.

Bincang santai diakhiri dengan pesan moral dari Sugiyo untuk generasi muda khususnya siswa MANDAKU untuk tetap mencintai negeri kita. “Jangan mudah terpengaruh budaya asing yang belum tentu sesuai dengan jati diri bangsa. Bersama menjaga persatuan meski kita sebagai bangsa yang memiliki banyak perbedaan namun pandai-pandailah dalam menyikapinya,” pungkas ketua veteran AL yang terpilih sejak 2005 hingga sekarang.

Pada kesempatan tersebut, madrasah juga membagikan tali kasih kepada bintang tamu dan para penggali kubur korban Covid-19 yang diwakili oleh Bapak Nanang dan Bapak Sumarjiyo Tali kasih ini diberikan sebagai apresiasi kepada para pejuang melawan Covid-19 yang dengan suka rela mengabdikan  diri membantu penguburan korban pandemi. Tali kasih dikumpulkan dari sumbangan Bapak Ibu guru pegawai dan juga orang tua siswa.

Hartiningsih, M.Pd. menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa yang terlibat di  panitia GELORA 76 dan juga Bapak Ibu guru pegawai serta seluruh siswa yang telah bersama-sama membantu menyukseskan acara ini. “Hadirnya Pak Sugiyo veteran AL dalam acara ini menambah wawasan siswa-siswi MANDAKU tentang arti bela negara. Harapannya, menguatkan rasa cinta tanah air dan semangat persataun dan kesatuan di masa pandemi sekarang ini. Bersama-sama bersatu melakukan 5M +1D untuk mencegah penularan Covid-19. Bentuk persatuan dan kesatuan keluarga MANDAKU juga tampak dari gerakan berbagi yang dilakukan untuk membantu para korban Covid-19 dan juga masyarakat yang membutuhkan dengan berbagi sembako,” tandas kepala MAN 2 Kulon Progo ini.

Acara makin ditunggu saat tiba waktu pengumuman lomba yang telah digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-76 RI beberapa waktu lalu. Di luar dugaan, para siswa MANDAKU begitu antusias mengikuti aneka perlombaan baik yang diikuti secara perorangan maupun kelompok.

Sekar Ayu Gustiasih, selaku ketua panitia dan sekaligus ketua OSIS juga merasakan kegembiraannya. “Bersyukur sekali acara kemarin berjalan dengan lancar tanpa kendala. Semua berkat support yang luar biasa dari Ibu Kepala Madrasah, Bapak Ibu Guru, dan teman-teman yang bisa kerja cerdas untuk mempersiapkan acara meski hanya dalam waktui  seminggu,” tuturnya.

GELORA 76 makin apik dengan penataan panggung yang kreatif dan arstistik dengan latar klasik sesuai tema dan acara yang diusung. Terlebih dibawakan dua MC ganteng yang sangat komunikatif dan inspiratif, Arfandi Sumbodo dan Muhammad Usman Kamaludin. Sentuhan modern dari siswa keterampilan TAV (Teknik Audio Video) dan DKV (Desain Komunikasi Visual) di bawah komando Bambal Wijaya Tama dan Habib Fatih Haqqoni, memoles semua aksi panggung yang disiarkan secara langsung   (ang/ast)

Kontributor : MAN2KP
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 69

Bagikan