MAN 1 Sleman Kerja Gandeng Polres Adakan Pelatihan PKS


MAN 1 Sleman Kerja Gandeng Polres Adakan Pelatihan PKS
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-09-10 19:25:34

Sleman (MAN 1 Sleman) - MAN 1 Sleman gandeng Kepolisian Resor (Polres) Sleman menyelenggarakan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ). Pelatihan diikuti 36 siswa dari perwakilan kelas. Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari. Mulai hari selasa, Kamis dan Jumat, tanggal 10,12,13 September 2019.

Hari pertama peserta akan menerima materi di ruang AVA. Hari kedua materi akan diberikan di halaman sekolah karena merupakan materi praktik. Sedangkan hari ketiga peserta akan praktik langsung di jalan raya untuk membantu ketertiban lalu lintas di jalan raya.

MAN 1 Sleman Kerja Gandeng Polres Adakan Pelatihan PKS

Aipda Heru Purwadi, salah satu nara sumber dari Polres Sleman mengatakan bahwa, “Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari, kami akan memberikan materi secara teori dan praktik. Sehingga nanti setelah selesai peserta ini benar-benar bisa menjadi kader ketertiban berlalu lintas di jalan raya," ungkap Heru. 

Selain Aipda Heru, hadir memberikan materi Bripka Hana Hermawan, S.H. Beliau menjelaskan bahwa dengan pelatihan ini peserta akan menerima materi berkaitan dengan tata tertib lalu lintas. Materi yang kami berikan antara lain tentang peraturan–peraturan dasar lalu linta, rambu–rambu lalu lintas, pengaturan lalu lintas, khususnya cara– cara menyebrang. "Selain itu juga materi berupa senam lalu lintas, khususnya gerakan– gerakan dasar pengaturan lalu lintas dengan tangan, peraturan baris–berbaris, pengetahuan dasar PPPK, kedisiplinan dan sopan santun lalu lintas, dan melakukan tindakan pertama di tempat kejadian," terangnya.  

PKS adalah suatu wadah dari partisipasi pelajar di bidang lalu lintas, khususnya mengatur penyebarangan pada jalan umum di lingkungan sekolah. “Kami berharap semoga anak-anak ini nanti bisa mempraktikkan ilmunya, paling tidak bisa membantu menertibkan lalu lintas di ingkungan Madrasah, terutama dalam membantu penyebrangan jalan saat anak-anak masuk maupun pulang sekolah,” kata Ernawati SE, M.Si, selaku waka kesiswaan dan juga penanggungjawab pelaksanaan pelatihan. (smn)

Kontributor : MAN1SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 75

Bagikan