MTsN 1 Yogyakarta Mengulang Sukses Program BBQ


MTsN 1 Yogyakarta Mengulang Sukses Program BBQ Rapat koordinasi Tim Belajar Baca Al Qur'an (BBQ) tahun 2021
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-25 11:01:19

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – MTsN 1 Yogyakarta untuk tahun kedua melaksanakan program penguatan Belajar Baca Al-Qur'an (BBQ) di masa pandemi kepada 224 siswa kelas VII secara online. Langkah pertama adalah tes penjajakan untuk mengukur kemampuan awal siswa dalam membaca Al-Qur'an. Kepala Madrasah Muhammad Iriyadi mengakui jika di masa pembelajaran daring saat ini memang tidak mudah mengajarkan siswa kelas VII membaca Alquran. Namun menurut Iriyadi ini sudah menjadi komitmen bersama antara pihak madrasah dengan orang tua wali siswa. “Bisa membaca Al-Qur'an merupakan syarat wajib siswa madrasah” tegasnya saat memantau jalannya tes penjajakan.

Program penguatan baca Al-Qur'an siswa dimotori oleh wakil kepala bidang humas dan keagamaan Muhammad Nukman Hamid. Di ruang kerjanya, Nukman menjelaskan secara teknis hari pada hari Kamis (12/08) program BBQ dimulai dengan penjajakan kemampuan awal siswa, dilanjutkan dengan pemetaan materi bimbingan, proses pembimbingan dan pendampingan oleh tim. Program diperkirakan akan berjalan selama 3 bulan kedepan dan diakhiri dengan tes akhir. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara daring oleh pembimbing masing-masing kelas.

Dalam rangka sukses program ini, madrasah sudah menyiapkan modul bimbingan BBQ dan video 24 seri yang akan digunakan selama pembimbingan. Setiap hari Senin dan Kamis siswa akan diberikan materi dan video untuk dicermati dan di hari Jumat ustadz pembimbing akan komunikasi online baik zoom maupun video call untuk melaksanakan evaluasi. (tpm)

Kontributor : MTSN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 13

Bagikan