Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Bantul Ikuti Try Out Assessmen Nasional


Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Bantul Ikuti Try Out Assessmen Nasional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-23 21:05:08

Bantul (MTsN 1 Bantul) - Pemerintah memprogramkan Asesmen Nasional (AN) untuk peserta didik kelas VIII tingkat SMP/ MTs pada tangal 4 sampai dengan 7 Oktober 2021. AN bertujuan untuk mengukur mutu pendidikan secara lokal dan nasional. AN tidak mengukur kemampuan peserta didik secara perorangan. Hasil AN menunjukkan keberhasilan pembelajaran di suatu sekolah.

“Dalam rangka memperkenalkan  soal – soal AN kepada peserta didik maka Dinas Dikpora Kabupaten Bantul mengadakan Try Out AN yang diselenggarakan pada Senin (23/8/21) dan Selasa (24/8/21). Peserta Try Out mengerjakan materi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) berupa materi Literasi, Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan,” papar Retno Yuli Astuti, M.Pd. selaku pemateri dalam Sosialisasi ANBK Nasional Tahun 2021 via Zoom Meeting (18/8/21) lalu.

Try Out AN sepenuhnya dilaksanakan secara daring. Peserta mengerjakan Try Out dari rumah masing – masing. Ketika peserta Try Out menemui kendala pada saat masuk ke dalam aplikasi, komunikasi dilakukan menggunakan WhatsApp.

“Pelaksanaan Try Out AN hari pertama ini terkendala oleh server yang sedikit mengalami error system,” ungkap Sumar Hadi Santoso, proktor Try  Out AN MTsN 1 Bantul. Hal ini lumrah terjadi karena Try Out dilaksanakan selain untuk melatih anak juga  untuk mengecek kesiapan sistem atau aplikasi.

“Kendala hanya dihadapi oleh peserta di sesi pertama, untuk sesi kedua sudah bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya. Semoga untuk hari kedua Try Out bisa berjalan lancar. (Ern)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 176

Bagikan