KakanKemenag Bantul Membuka Uji Publik Kurikulum MTs Negeri 1 Bantul


KakanKemenag Bantul Membuka Uji Publik Kurikulum MTs Negeri 1 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-14 13:55:50

Bantul (MTsN 1 Bantul) — MTs Negeri 1 Bantul menggelar Uji Publik Kurikulum yang dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul, Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. Uji publik kurikulum diikuti oleh semua guru dan karyawan, perwakilan komite,  perwakilan orang tua siswa, dan perwakilan siswa. Uji publik dilaksanakan secara semi daring. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (14/8/21) mulai pukul 08.00 WIB.  Uji publik  ini dilaksanakan dengan tatap waktu dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam pembukaannya, Kepala Kantor Kemenag Bantul, Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. meminta kepada seluruh stakeholder MTs Negeri 1 Bantul agar selalu mengampanyekan gerakan 5M+1D. “Kita sebagai orang Islam harus bersyukur, karena kita diajarkan menjaga kebersihan. Seperti perintah untuk melakukan wudu sebelum salat disampaikan langsung dari Allah SWT. Perintah wudu tersebut terdapat dalam surah Al-Maidah, ayat 6, yang artinya seperti di bawah ini”.

KakanKemenag Bantul Membuka Uji Publik Kurikulum MTs Negeri 1 Bantul

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”

Selanjutnya Aidi juga menambahkan bahwa apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, kita lebih sering mungkin menjaga kebersihan. Contoh lagi, saat kita bangun tidur ada 7 adab bangun tidur, yaitu duduk dan mengusap wajah, doa, membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran, mencuci tangan, membersihkan hidung, bersiwak atau menggosok gigi, dan berwudu.

Beliau menyitir beberapa sabda Rasulullah SAW yang menjeaskan ketujuh adab tersebut.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

"Nabi SAW apabila bangun maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda:

"Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: "Malammu masih panjang, teruslah tidur". Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, tebukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas." (HR. Bukhari dan Muslim). 

Di akhir sambutannya, Aidi Johansyah berharap uji publik kurikulum ini menjadi semangat baru buat pelaksanaan proses pendidikan di MTs Negeri 1 Bantul dalam kondisi seperti ini. (fat)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 52

Bagikan