Kemenag DIY dan Baznas DIY Salurkan 750 Paket Sembako kepada Pokjaluh DIY


Kemenag DIY dan Baznas DIY Salurkan 750 Paket Sembako kepada Pokjaluh DIY
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2021-08-13 17:32:55

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Dalam rangka upaya kepedulian sosial terhadap masyarakat terdampak covid-19, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menjalin sinergi kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) DIY dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kementerian Agama DIY untuk menyalurkan bantuan bahan makanan dan multivitamin serta masker. Sejumlah 750 paket disalurkan oleh Pokjaluh DIY diberikan khusus kepada para muballigh, guru ngaji, ustadz ustadzah TPA serta Panti Asuhan, dan masyarakat kurang mampu. Pelaksanaan dilakukan secara koordinatif bersama dengan Pokjaluh Kabupaten dan Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta, Jum’at (13/08/2021) di Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr.H.Masmin Afif,M.Ag didampingi Kabid Penerangan Agama Islam Pemberdayaan Zakat Wakaf, Drs. H. Sigit Warsita, MA, memberikan apresiasi kepada Pokjaluh DIY yang sangat antusias dalam upaya memberikan edukasi, sosialisasi serta laporan terkait pelaksanaan SE Menteri Agama baik SE No. 21, SE.No.22, serta SE no 23 tahun 2021. “Selain sosialisasi berbasis media sosial, Pokjaluh DIY juga menerbitkan brosur Prokes 5 M dan 1 D yakni Memakai masker, menjaga jarak, mencuci, tangan, mengurangi kerumuman, membatasi mobilitas dan interaksi, dan berdoa,” jelas Kakanwil.

Menurut orang nomor satu di jajaran Kanwil Kemenag ini, khusus SE no. 23 tahun 2021, sudah mulai ada kelonggaran terkait penggunaan tempat ibadah walaupun tetap prokes 5 M harus diterapkan secara ketat. “Kelonggaran dimaksud, bahwa ibadah bisa dilakukan di masjid atau lainnya dengan ketentuan untuk wilayah PPKM level 4 dan 3 jumlah peserta sebanyak 25 % dari kapasitas ruangan atau maksimal sebanyak 20 orang jamaah yang hadir,” ungkapnya.

“Selain itu, Pokjaluh juga telah turut berkiprah dalam upaya kepedulian masyarakat terdampak, seperti yang dilakukan saat ini bersama Baznas DIY dan UPZ Kanwil Kemenag DIY,” sambung Kakanwil.

Sementara Ketua Baznas DIY, Dra. Hj. Puji Astuti, MSI, menyampaikan bahwa penyaluran manfaat dana zakat sudah banyak dan selalu dilakukan, lebih-lebih di masa pandemi. “Penyaluran dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur, baik ormas dan lembaga keagamaan termasuk dengan Pokjaluh DIY,” tutur Puji.

Ketua Pokjaluh DIY, Jafar Arifin, mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Baznas DIY dan UPZ Kanwil Kemenag DIY yang telah memberikan kepercayaan dan menjalin sinergitas program dalam upaya kepedulian sosial bagi masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan di masa-masa mendatang,“ harapnya. (jaf/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 63

Bagikan