Muhasabah MTsN 3 Sleman Peringati Tahun Baru Hijriyah


Muhasabah MTsN 3 Sleman Peringati Tahun Baru Hijriyah Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag saat memberikan sambutan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-13 16:43:22

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Tahun Baru Hijriyah adalah salah satu hari besar umat Islam yang diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Dalam kalender masehi 1 Muharram 1443 H jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Untuk merayakan Tahun Baru Hijriyah MTsN 3 Sleman mengadakan khataman Alqur’an dan muhasabah virtual. Khataman Alqur’an oleh seluruh warga madrasah dimulai dari tanggal 9 Agustus 2021 hingga 12 Agustus 2021 sedangkan Muhasabah virtual diadakan pada Jumat pagi (13/8/2021) melalui zoom meeting dan live streaming Youtube. Muhasabah virtual dihadiri oleh seluruh guru, karyawan, peserta didik, Komite dan Pengawas Madrasah MTsN 3 Sleman.

“Acara muhasabah seperti ini sangat penting untuk diadakan agar kita tidak selalu mencari kelemahan orang lain tetapi kita menemukan kekurangan dan kelemahan diri sehingga kita kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” tandas Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag. Selanjutnya Kamad berpesan agar dalam pandemi seluruh warga madrasah bisa tetap berkarya. “Kondisi saat ini memang sulit namun jangan pernah berhenti berkarya. Justru ini kesempatan yang baik untuk bermuhasabah diri. Apa yang sudah kita cita-citakan, apa yang sudah kita lakukan dan apa saja yang seharusnya kita lakukan,” tegas kamad dalam sambutannya. Kamad juga mengajak kepada seluruh peserta agar selalu menerapkan protokol kesehatan 5M + 1D, yaitu; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan doa.

Muhasabah MTsN 3 Sleman Peringati Tahun Baru Hijriyah

Muhasabah MTsN 3 Sleman Peringati Tahun Baru Hijriyah

Danang Jumiyanto selaku Bendaha Komite MTsN 3 Sleman dalam sambutannya menyampaikan kemuliaan bulan Muharram dan berpesan agar tahun baru ini menjadi momentum untuk memperbaiki diri. “Mari bersama-sama memperbaiki tingkah laku kita, ibadah kita dan semangat kita agar tantangan-tantangan di masa pandemi tidak menjadi penghambat bagi kita.,” tutur Danang.

Muhasabah virtual dipandu oleh Mulyono, S.Pd, MA. Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum MTsN 3 Sleman ini menyampaikan hikmah dari peringatan Tahun Baru Islam. Hikmah tersebut adalah; bersyukur atas anugerah Allah SWT setahun yang lalu, selalu ingat bahwa kita suatu hari nanti kelak akan mati, bertekad untuk hijrah dalam berbagai aspek kehidupan, dan belajar dari kesalahan dan kekurangan tahun lalu untuk meningkatkan pencapaian prestasi tahun mendatang. Mulyono menyampaikan tips kepada seluruh peserta muhasabah virtual cara  untuk meraih prestasi di tahun 1443 H. “Ada tiga keywords untuk meraih prestasi di tahun 1443 H ini. Keywords itu adalah KTP. Kemauan, Tekad, Pengorbanan,” papar Mulyono. Kegiatan Muhaabah dan puncak khataman Alqur’an ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Nurhudariyanto, S.Pd.I. (dee)

Kontributor : MTSN3SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 111

Bagikan