3 Siswa MTsN 8 Bantul Siap Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Tahun 2021


3 Siswa MTsN 8 Bantul Siap Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Tahun 2021 Ngatemin, SHI selaku koordinator Tim KSM MTsN 8 Bantul memberikan arahan kepada 3 siswa peserta sebelum pembimbingan rutin mingguan di Perpustakaan MTsN 8 Bantul, Jum’at (25 Juni 2021). Dok: Sabian
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-13 13:41:40

Bantul (MTsN 8 Bantul) – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSSK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk siswa MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan umum untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedang tujuan khusus adalah menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakan dan minat di bidang sains, memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai – nilai agama, menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, dan memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa dan menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia.

Pada jenjang MTs/SMP tingkat Kabupaten Bantul, pelaksanaan KSM dimulai dari tingkat satuan Pendidikan mulai 21 – 30 Juni 2021 hingga pengumuman pemenang direncanakan dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2021 setelah siswa mengikuti KSM tingkat Kabupaten tanggal 21 – 23 Agustus 2021 di MTsN 2 Bantul. Sementara pendaftaran KSM tingkat Kabupaten dilaksanakan 5 – 26 Juli 2021 dan uji coba KSM tingkat Kabupaten akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus di rumah siswa masing – masing.

3 Siswa MTsN 8 Bantul Siap Ikuti KSM Tingkat Kabupaten Tahun 2021

MTsN 8 Bantul telah mempersiapkan 3 siswa kelas IX.A untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. Mereka adalah Shafira Aurella Azzahra pada mata pelajaran IPS terintegrasi dengan guru pembimbing Wahyudi S.S.Pd, Siva Madani pada mata pelajaran IPA terintegrasi dengan guru pembimbing Munawar, S.Ag.M.S.I, dan Nafa Aulia pada mata pelajaran Matematika terintegrasi dengan guru pembimbing Puji Suryani,SP. Kepala MTsN 8 Bantul H Sugiyono, S.Pd. memohon dukungan dan doa kepada seluruh keluarga besar madrasah untuk kelancaran dan kesuksesan ketiga duta madrasah yang terletak di Munthuk, Dlingo tersebut. “Kami mohon dukungan dan do’a dari kelaurga besar MTsN 8 Bantul agar ketiga siswa kita lancar dalam mengikuti KSM dan memperoleh hasil yang terbaik. Semoga” harap Sugiyono.

Pada KSM tahun 2021 di masa pandemi ini menerapkan sistim daring untuk tingkat satuan pendidikan hingga tingkat provinsi dan luring untuk tingkat nasional. Peserta harus mempersiapkan laptop/PC dari rumah dengan layar minimal 12” dilengkapi webcam dan memiliki RAM min 26 GB, storage min 10 GB, system operasi Windows 8.1 / 10, dan terkoneksi internet min 2 Mpbs. Semua peserta akan menerima password untuk login pada saat pelaksanaan. Saat kompetisi berlangsung, semua peserta dilarang membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote atau terkoneksi dengan layer tambahan. Aplikasi tidak akan terbuka atau tertutup otomatis jika peserta mengakses salah satu atau semua hal diatas. Semua peserta juga diwajibkan mengambil foto wajah dengan kartu ujian sebelum mengikuti ujian dan mengunggahnya di aplikasi. Hal ini untuk menghindari joki dan kecurangan dalam kompetisi sehingga siswa akan terlatih sekaligus terdidik untuk jujur dan berkompetisi yang sehat. (jkp).

Kontributor : MTSN8BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 120

Bagikan