MAN 3 Bantul Raih Juara Nasional dalam Ajang Lomba MTQ dan Azan


MAN 3 Bantul Raih Juara Nasional dalam Ajang Lomba MTQ dan Azan Hanif Masyhuri peraih Juara Lomba MTQ dan Lomba Azan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-13 04:10:00

Bantul - (MAN 3 Bantul) Agustus menjadi bulan yang istimewa. Tanggal ke-10 pada bulan ini umat Islam memasuki tahun baru 1443 H. Menyongsong tahun baru Islam, MAN 3 Bantul mengikuti berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Sukabumi dalam rangka memperingati tahun baru hijriah. Siswa MAN 3 Bantul Hanif Masyhuri berhasil menjuarai dua cabang lomba tingkat nasional dalam rangkaian Gebyar Muharram yang digelar secara virtual oleh Dema Institut Agama Islam Sukabumi ini. Perlombaan dalam serangkaian acara bertajuk “Melalui Peringatan 1 Muharram Kita Tumbuhkan Ukhuwah Islamiyah untuk membentuk Muslim Berakhlakul Karimah dan Berjiwa Sosial dengan Kaidah-Kaidah Islam” ini diperuntukkan untuk siswa SMK, SMA, dan MA/sederajat se-Indonesia. Tiga cabang lomba digelar dalam acara ini, yaitu Lomba MTQ, Lomba Azan, dan Lomba Dakwah. Waktu pelaksanaan lomba-lomba tersebut cukup singkat, pendaftaran dimulai 4-8 Agustus 2021, pelaksanaan lomba 10-11 Agustus, dan pengumuman via google meet 12 Agustus 2021.

Hanif berhasil meraih Juara 2 Lomba Azan dan Juara 3 Lomba MTQ. Pelaksanaan lomba yang singkat membuat singkat pula persiapan Hanif dalam mengikuti lomba tersebut. Meskipun singkat, tak menyurutkan semangat siswa kelas X Agama 2 ini untuk berlatih. Dalam proses latihan, Hanif dibimbing oleh Siti Nur Jannah, S.Pd.I. guru fikih di madrasah. Siti Nur Jannah menggali bakat dan potensi Hanif hingga dapat meraih prestasi dalam ajang ini. Kendala komunikasi karena Hanif tinggal di pondok sehingga tidak dapat sering berkomunikasi melalui gawai tidak menjadi penghalang proses bimbingan. 

MAN 3 Bantul Raih Juara Nasional dalam Ajang Lomba MTQ dan Azan

MAN 3 Bantul Raih Juara Nasional dalam Ajang Lomba MTQ dan Azan

Siti Nur Jannah mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan sangat singkat. Namun, guru fikih ini yakin Hanif dan teman-temannya siap untuk maju dalam perlombaan karena pembinaan di madrasah sudah tersistem baik. Menjelang penutupan pendaftaran Ahad, 08 Agustus, informasi lomba baru didapat dan langsung Hanif bersama temannya, Ahdan dan Sulis didaftarkan. Persiapan berlanjut pada proses latihan di madrasah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam waktu dua hari. Selain itu, di pondok Hanif juga mendapatkan dukungan dari kakak pondok untuk mempersiapkan lomba ini. Proses pengambilan video untuk lomba MTQ dan Azan ini dilakukan bersamaan dengan proses latihan pada 9-10 Agustus 2021 dengan didukung sarana yang memadai. 

“Alhamdulillah, prestasi luar biasa diraih oleh Ananda Hanif dalam lomba MTQ dan Azan ini. Waktu persiapan memang singkat kemarin, tetapi kami yakin anak-anak memiliki potensi luar biasa. Dengan dukungan berbagai pihak, alhamdulillah semua proses berjalan lancar. Semoga prestasi ini semakin melejitkan semangat Hanif dalam meraih prestasi-prestasi berikutnya, dan untuk anak-anak yang telah ikut maju dalam lomba ini tetap semangat, kesempatan-kesempatan emas di depan menanti untuk mengembangkan prestasi. Kami memohon doa restu kepada keluarga besar MAN 3 Bantul untuk Ananda Hanif dan putra-putri madrasah, semoga mendapatkan hasil berkah dalam kegiatan-kegiatan perlombaan yang diikuti,” tutur Jannah.

Kepala Madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd. sangat bangga atas raihan yang dicapai oleh siswa yang juga santri Pondok Al-Fitroh ini. Syamsul Huda memberikan apresiasi dan selamat untuk Hanif dan guru pembimbing.

“Alhamdulillah, dua prestasi sekaligus berhasil diraih oleh Ananda Hanif. Potensi luar biasa didukung dengan ketulusan pembimbing serta doa segenap keluarga besar MAN 3 Bantul melancarkan kita dalam meraih prestasi ini. Selamat untuk Ananda Hanif dan Bapak Ibu Guru pembimbing. Semoga berkah dan bermanfaat untuk semuanya,” tandas Huda.

Setelah pengumuman lomba ini, MAN 3 Bantul masih menunggu pengumuman dari lomba-lomba yang telah diikuti dari berbagai ajang yang lain. Raihan yang telah dicapai ini diharapkan akan disusul prestasi-prestasi berikutnya sehingga menjadi pemacu semangat siswa-siswi MAN 3 Bantul untuk mengembangkan potensi diri. (sal)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 27

Bagikan