MAN 2 Kulon Progo Adakan Pendampingan dan Pembimbingan Tim Zona Integritas


MAN 2 Kulon Progo Adakan Pendampingan dan Pembimbingan Tim Zona Integritas Kakankemenag Kabupaten Kulon Progo saat memberikan sambutan dalam pendampingan dan pembimbingan ZI di MAN 2 Kulon Progo.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-10 23:26:16

Kulon Progo (MAN 2 KP)- Dalam rangka menghadapi penilaian Zona Integritas (ZI) WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) oleh Kementerian PANRB, MAN 2 Kulon Progo mengadakan pendampingan dan pembimbingan tim ZI. Menghadirkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo H. Muhamad Wahib Jamil, S,Ag., M.Pd. dan PiC (Person in Charge) ZI Kanwil Kemenag DIY, Dini Meiyanti, S.E., M.Si.. Kegiatan bertempat di kampus 2, Senin (9/8/2021) dan diikuti semua anggota tim ZI MAN 2 Kulon Progo. Acara diawali dengan presentasi  progres pembangunan Zona Integritas oleh Drs. Amir Ma’ruf, M.A selaku ketua tim.

Wahib Jamil memberikan apresiasinya yang luar biasa atas capaian prestasi Zona Integritas MAN 2 Kulon Progo. Mantan Kabag TU Kanwil Kemenag DIY ini juga menekankan bahwa Zona Integritas memiliki kekhasan yaitu adanya wujud integritas menjadi jiwa dan perilaku dalam kehidupan setiap hari. Selain itu, pelayanan kepada masyarakat yakni orientasi program harus memperhatikan kepentingan pelayanan publik. “Enam area perubahan ZI saling berkaitan satu dengan yang lainnya, saling menyuport sehingga diperlukan sebuah sistem yang solid,“ pesan  Kakankemenag baru Kabupaten Kulon Progo ini. Di akhir pertemuan, pihaknya mendukung penuh MANDAKU (MAN 2 Kulon Progo) sebagai madrasah berzona integritas WBK dan WBBM.

MAN 2 Kulon Progo Adakan Pendampingan dan Pembimbingan Tim Zona Integritas

MAN 2 Kulon Progo Adakan Pendampingan dan Pembimbingan Tim Zona Integritas

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kulon Progo Hartiningsih, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan MAN 2 Kulon Progo masuk Top 54 Satker Kementerian Agama yang layak diajukan penilaiannya ke Kementerian PANRB. “ Kerja keras dan komitmen bersama guru dan pegawai sangat luar biasa sehingga mampu lolos untuk penilaian lebih lanjut. Agen perubahan telah melakukan evaluasi dan analisis atas program kerja. Sosialisasi pelayanan sudah dimaksimalkan di media sosial mauapun zoom meeting dan offline,” jelas Hartiningsih.

“Inovasi yang diakui oleh tim penilai yaitu MAN de MOTEFA, Scan and Go yaitu alat pendeteksi buku perpustakaan melalui android, inovasi pelayanan CETTAR (Cepat Tepat Transparan Amanah Ramah),” imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan ZI oleh Dini Meiyanti yang dalam arahannya PiC Kanwil Kemenag DIY ini mengingatkan agar beberapa catatan evaluasi ZI dari Kementerian PANRB segera ditindaklanjuti dan disempurnakan. “Rekomendasi kepada unit kerja WBK/WBBM yang belum berhasil agar meningkatkan pemahaman dan komitmen pimpinan, serta pegawai pada unit kerja terhadap substansi tiap-tiap area perubahan. Menyusun peta risiko potensi penyimpangan integritas, melakukan inovasi pelayanan yang mendekatkan, mempermudah waktu layanan, pelayanan yang terintegrasi, keterlibatan pimpinan dalam implementasi manajemen kerja, mengefektifkan pengelolaan media, dan melaksanakan survei kepuasan masyarakat secara berkala atas kualitas dan integritas pelayanan,” papar Dini  menyampaikan catatan Kementerian PANRB dalam persiapan penilaian TPN (Tim Penilai Nasional) ZI untuk MAN 2 Kulon Progo.

Dini juga menyampaikan beberapa evaluasi yang lain terkait enam komponen penilaian, masalah dan solusinya, serta hal-hal yang perlu disiapkan untuk evaluasi ZI diantaranya video profil pembangunan ZI pada semua area unit kerja, menyiapkan responden list pengguna layanan, dan persiapan paparan untuk keperluan evaluasi serta virtual untuk semua area perubahan.

Sebelumnya Drs. Amir Ma’ruf, M.A selaku ketua Tim ZI MAN 2 Kulon Progo mempresentasikan progres pembangunan Zona Integritas yang telah diperjuangkan bersama timnya yang didukung oleh seluruh stakeholder MAN 2 Kulon Progo.  (est/ast)

Kontributor : MAN2KP
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 143

Bagikan