MTsN 4 Bantul Peringati 1 Muharam dengan Perbanyak Doa


  MTsN 4 Bantul  Peringati 1 Muharam  dengan Perbanyak Doa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-10 20:28:06

Bantul (MTsN 4 Bantul) - Umat Islam hendaknya mengisi momen Tahun Baru Islam ini dengan memperbanyak berdoa kepada Allah SWT agar mendapatkan rahmat serta keutamaan bulan Muharram. Hal ini sesuai dengan kegiatan pengajian peringatan 1 Muharam yang dilaksanakan oleh MTsN 4 Bantul, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan 1 Muharam dilaksanakan sebagai momen memperbanyak doa agar pandemic segera berakhir. Kegiatan diawali dengan Tadarus Quran, diikuti oleh guru,pegawai dan seluruh siswa , komite madrasah dan orang tua murid, Doa Khotmill Quran , dan puncaknya pengajian oleh Ustad Saidi,S.Ag,MSI.

  MTsN 4 Bantul  Peringati 1 Muharam  dengan Perbanyak Doa

Kepala Madrasah Siti Solichah,S.Pd berkesempatan membuka kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting. Dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan,”Marilah pada  1 Muharam ini sebagai moment kita untuk memperbanyak doa untuk kita dan untuk umat seluruh negeri agar datangnya tahun baru ini diberikan Kesehatan selamat dan sejahtera,”ujarnya.

“Sesuai pesan presiden, 1 Muharam ini marilah kita senantiasa memanfaatkan untuk berihtiar agar Indonesia bebas covid-19. Kita juga berharapa anak-anak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Marilah dengan 1 Muharam ini kita kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berdoa Bersama agar pada tahun ini diberikan hidayah sehingga pandemic berakhir dan aktifitas kehidupan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya,”pesan Siti Solichah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Al quran oleh seluruh guru,pegawai, dan siswa yang mengkatamkan 30 JUZ. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Qotmil Quran oleh Ustad Sambudi.

Pada puncak kegiatan diisi dengan pengajian oleh Ustad Saidi,S.Ag,M.SI dari Yogyakarta. Dalam kajiannya ustad Saidi menyampaikan mengenai Mengenai hikmah Surat Al Asr dan surat An Nisa. Ustad Saidi juga mengupas hadis rosulullah “Sesungguhnya amal seseorang tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya ia akan mendapatkan sesuai apa yang diniatkannya. Barang siapa yang berhijrah untuk Allah dan rosulnya, maka hijrahnya untuk Allah dan rosulnya,’ujarnya.

Dalam tausiyah tersirat beberapa makna hijrah, antara lain: Hijrah ikhtikodiyah(keyakinan), Hijrah sulukiyah (perkataan,perbuatan), Hijrah sukuriyah (penampilan) serta Hijrah keilmuan. yang kesemuanya harus lebih baik dan lebih bermakna kedepannya.

Tujuan diadakannya perayaan tahun baru Islam ini adalah agar para siswa muslim mengingat tahun Islam dan juga mengingatkan siswa pada perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada zaman dahulu hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Bukan hanya itu saja, tujuan lain diadakannya acara ini adalah untuk mengajak para siswa berhijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya yang berakhlak karimah. (khj)

Kontributor : MTSN 4 BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 39

Bagikan