Kami Pemuda, Judul Puisi Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Tingkat Nasional


Kami Pemuda, Judul Puisi Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Tingkat Nasional
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-08 06:59:22

Yogyakarta (MAN 1 YK) – Puisi merupakan karya sastra yang terikat oleh irama, matra, rima dan dipenuhi dengan kata-kata indah. Puisi selalu menjadi jalan terbaik untuk mencurahkan opini hingga uneg-uneg di dalam hati. Begitulah yang ingin disampaikan oleh Bilqis Althooffithriyyah Harynasta, siswi kelas X MIPA 4 MAN 1 Yogyakarta, melalui puisinya yang berjudul ‘Kami Pemuda’ dalam ajang Sharia Fest Days 2021, Sabtu (07/08/2021).

“Saya merasa sangat senang dan bangga atas prestasi yang saya raih ini, namun ini juga saya anggap sebagai ujian untuk selalu bersikap rendah hati dan tawadhu karena semua ini semata-mata titipan dari Allah SWT”, ujar siswi kelahiran Padang Maninjau 14 tahun yang lalu itu.

Billqis, begitu ia biasa dipanggil, meraih juara 2 lomba baca puisi tingkat nasional yang bertemakan ‘Peran Pemuda di Masa Pandemi’. Puisi ‘Kami Pemuda’ karya Bilqis ini menceritakan betapa pentingnya peran pemuda bagi bangsa dan negara terutama di masa pandemi seperti saat ini. Pemuda seyogyanya tidak hanya berkontribusi melalui kata namun juga dengan tindakan yang nyata. Sistem penjurian yang mengkolaborasikan antara nilai dari dewan juri (80%) serta melalui views, likes, dan comments di instagram (20%) menjadikan ajang ini sangat menarik untuk selalu diikuti.

“Awalnya sempat timbul rasa malas dalam diri saya, namun saya sadar jika sedetik saja saya berhenti belajar maka saya akan tertinggal dengan teman-teman lain yang terus berproses menjadi lebih baik.” tutur  putri pasangan Hary Muryawan dan Erna Nila Trisna ini menceritakan pengalamannya.

Kerja keras dari gadis yang bercita-cita menjadi seorang dokter spesialis ini terbukti tidaklah sia-sia. Prestasi yang diraih Bilqis ini menjadi bukti nyata peran dari pemuda untuk selalu berusaha berkontribusi bagi negeri meski pandemi entah kapan akan berhenti. (Bai/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 68

Bagikan