Film Pendek MTsN 9 Bantul Raih Juara 1 dalam Lomba Video Moderasi Beragama Kankemenag Bantul


Film Pendek MTsN 9 Bantul Raih Juara 1 dalam Lomba Video Moderasi Beragama Kankemenag Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-07 18:02:23

Bantul (MTsN 9 Bantul)—Film pendek berjudul “Satu Jam Salah Paham” karya MTs Negeri 9 Bantul berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Video Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Penganugerahan dilakukan dalam serangkaian acara Kemenag Award Kantor Kemenag Bantul di aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), serta disiarkan secara virtual melalui Zoom Meeting dan channel Youtube, pada Kamis (05/08/2021). Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. yang didampingi oleh Kasubag TU, H. Mukotib, S.Ag., M.Pd.I.

 

Aidi memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada MTsN 9 Bantul. Aidi mengatakan, meskipun di masa pandemi seperti ini, MTsN 9 Bantul tetap bisa produktif dan kreatif. Hal ini dibuktikan dengan film “Satu Jam Salah Paham” yang diproduksi dengan protokol kesehatan ketat.

 

“Film ini menjadi media yang sangat relevan dan cocok untuk menanamkan moderasi beragama di masa pandemi seperti ini,” tutur Aidi.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Pd. yang mengukuti secara virtual dan memberikan apresiasi kepada segenap penerima penghargaan, “Kegiatan ini menginspirasi dan sangat bermanfaat sebagai wujud kontribusi riil kita terhadap pemerintah, yang saat ini telah bekerja keras, terus menangani dan mengendalikan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

 

Film yang mengangkat tema moderasi beragama tersebut diperankan oleh guru dan pegawai MTsN 9 Bantul. Tokoh Ayah diperankan oleh Agus Aris Subagyo, S.Pd., guru Matematika; Ibu diperankan oleh Dra. Rahmi Prabawaty, guru PPKn; Laela diperankan oleh Gandes Aknissholikah, S.Pd., guru IPS; Michael diperankan oleh Kurniawan, S.Ag., M.Pd., guru Tahfiz; Karsam diperankan oleh Andrian Eka Saputra, S.S., guru Bahasa Indonesia; Ekstras Teman Lintas Agama diperankan oleh Nur Ikhsan Endhy Saifulloh, SIP, pustawakan, Armi Setyasih, S.Pd., guru Bahasa Inggris, Dwi Apriliya Putri, S.Pd., guru Bahasa Indonesia, Dwi Haryanto, petugas keamanan; Tukang Parkir diperankan oleh Ahmad Mutahid, S.Pd., guru Seni Budaya; serta Ekstras IGD diperankan oleh siswa, Syafina Dwi Khalid kelas IX A, Aqila Shauvana kelas IX B, dan Pratistia Sekar Rahmadani kelas IX C.

 

Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul mengatakan, film madrasahnya tersebut berhasil menyedot lebih dari 8000 penonton, 1,7 ribu klik suka, dan lebih dari 800 komentar. Menurut keterangan Atik, film ini pun dijadikan materi pembelajaran dalam Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTsN 9 Bantul dalam materi Moderasi Beragama. Atik mengatakan, melalui film tersebut, siswa-siswi MTsN 9 Bantul dapat belajar tentang moderasi beragama sekaligus mengenal sisi lain guru dan pegawai di madrasahnya.

 

Film “Satu Jam Salah Paham” menceritakan tentang kesalahpahaman Ayah Laela sebagai seorang muslim kepada Michael, seorang Katolik. Kesalahpahaman tersebut membuat Ayah Laela menjadi orang yang intoleran. Peristiwa kecelakaan yang menimpa Ibu Laela membuat Ayah Laela berubah pandangan. Hal itu dikarenakan orang yang memberikan pertolongan kepada Ibu Laela adalah Michael. Ayah Laela pun kemudian paham bahwa sesama umat manusia, meski berbeda agama dan kepercayaan harus tolong-menolong. Semua umat beragama akan hidup damai ketika saling memahami, karena agama adalah inspirasi bagi kedamaian.

 

Film “Satu Jam Salah Paham” berhasil menjadi yang terbaik setelah mengungguli puluhan film lainnya dalam perlombaan tersebut, seperti MTsN 6 Bantul yang menjadi pemenang kedua, MAN 3 Bantul juara favorit pertama, dan MIN 3 Bantul sebagai juara favorit kedua. (and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 34

Bagikan