Siswa Kelas XII MAN 4 Sleman Antusias Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan QSP


Siswa Kelas XII MAN 4 Sleman Antusias Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan QSP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-07 13:17:15

Sleman (MAN 4 Sleman) – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih berlanjut pada awal tahun ajaran 2021/2022.  Hal demikian dilakukan sebagai langkah mitigasi pandemi Covid-19. Untuk memastikan siswa terus belajar maksimal secara online, MAN 4 Sleman (MANESA) menggandeng salah satu perusahaan edutech di Indonesia, Quipper.  Sosialisasi dan pelatihan Quipper School Premium (QSP) untuk siswa kelas XII dilaksanakan Sabtu (7/8/2021) secara virtual melalui google meet.

QSP dikhususkan bagi siswa kelas XII dengan tujuan untuk persiapan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan studi lanjut.  Hal ini diungkap oleh Triyono, S.Pd Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, saat membuka acara.  “QSP ini tidak gratis, madrasah melakukan kerjasama sehingga berbayar, untuk itu kami minta seluruh siswa utamanya kelas 12 memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal.  Dengan belajar tekun, saya yakin kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Siswa Kelas XII MAN 4 Sleman Antusias Ikuti Sosialisasi dan Pelatihan QSP

Pravesta Clara Shinta,S.H. dari  Quipper School Premium (QSP) mengawali sosialisasi dengan memaparkan fasilitas yang disediakan QSP, di antaranya materi pembelajaran, pendalaman materi, dan try out untuk melanjutkan perguruan tinggi.  “Nantinya para siswa akan melaksanakan tryout secara online sebanyak 20 kali dari Agustus 2021 sampai dengan awal April 2022,” paparnya. “Di antara tryout tersebut akan ada 3 kali tryout cek peluang atau rasionalitas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tes ini nantinya disesuaikan dengan program studi yang diminati dan akan dipilih siswa supaya besar kemungkinan diterima di SBMPTN,” imbuhnya.  Lebih lanjut  Clara, yang juga education consultant memaparkan bahwasanya selain tryout ada juga tes potensi diri dan tes diagnostik.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 siswa dengan wali kelas XII sebagai pendamping ini, berlangsung secara interaktif dan komunikatif. Acara diawali pukul 10.00 dan diagendakan berlangsung selama 1 jam, molor dengan berakhir pada pukul 12.00. Selain menyimak pemaparan narasumber, siswa juga antusias bertanya, utamanya saat aktivasi akun QSP.  Bagaimana kalau salah memasukkan e-mail, bagaimana kalau salah klik, bagaimana kalau malah masuk ke buat akun, adalah beberapa pertanyaan yang muncul.  Salah satu siswa, Akmal Fachri, kemudian share screen untuk memandu teman-temanya. Tidak semua siswa lancar, ada yang ketinggalan mengikuti langkah-langkah karena sinyal yang tidak stabil.  Namun, pada akhirnya, seluruh siswa yang berada di meet dapat terlayani dengan baik dan sukses aktivasi akun.

Diakhir acara, Triyono menegaskan agar wali kelas memastikan akun siswa sudah aktif dan siap digunakan untuk pembelajaran. (Tutut)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Kontributor : MAN4SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 59

Bagikan