MAN 3 Bantul Raih Juara Favorit 1 Lomba Video Moderasi Beragama


MAN 3 Bantul Raih Juara Favorit 1 Lomba Video Moderasi Beragama Penyerahan penghargaan oleh Kepala Kankemenag Bantul kepada Kepala MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-05 22:39:49

Bantul(MAN Bantul) Film pendek ‘Awan’ karya siswa-siswi MAN 3 Bantul berhasil meraih Juara Favorit 1 dalam Penghargaan Video Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Kamis (5/08). Mengangkat tema toleransi antarumat beragama dalam lingkungan pertemanan, film berdurasi 5 menit 19 detik ini menyampaikan pesan agar masyarakat saling menghargai perbedaan. Meskipun berbeda agama, pertemanan tetap dapat terjalin dengan baik. Masing-masing menjaga peribadatan sesuai keyakinan yang dianut.

Film pendek yang diproduksi OSIM Bimasakti MAN 3 Bantul (MANTABA) ini menggambarkan toleransi dengan mengangkat filosofi interaksi antara awan (langit) dan bumi yang saling menerima. Ketika awan mendung dan hujan, bumi menerimanya, sebaliknya ketika bumi mengalami evaporasi, awan juga menerimanya. Filosofi ini memberikan makna bahwa perbedaan bukanlah alasan untuk saling membenci dan terpecah belah.

MAN 3 Bantul Raih Juara Favorit 1 Lomba Video Moderasi Beragama

MAN 3 Bantul Raih Juara Favorit 1 Lomba Video Moderasi Beragama

Kepala MAN 3 Bantul Drs. Syamsul Huda, M.Pd. diundang langsung dalam acara Pembinaan dan Penghargaan Pembuatan Video Moderasi Beragama di Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, untuk menerima penghargaan piagam dan uang pembinaan atas raihan prestasi ini. Penyerahan dilakukan langsung oleh Aidi Johansyah, S.Ag., M.M. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul didampingingi oleh Mukotib, S.Ag., M.Pd.I. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Bantul. 

Ucapan selamat dan dukungan deras disampaikan oleh segenap guru dan pegawai melalui chat grup WA. Dra. Kholif Diniawati, M.Pd.BI. dan Sumiyati, S.Pd., M.A. sebagai guru pembimbing sangat bangga atas raihan anak-anak MANTABA dalam ajang ini. 

“MAN 3 Bantul sangat mendukung anak-anak untuk berkreasi. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya mendapatkan teori dari kelas, mereka secara langsung terjun untuk membuat karya film ini,” tutur Kholif.

“Alhamdulillah, selamat atas prestasi generasi MANTABA. Semoga prestasi ini menjadi pelecut semangat untuk melanjutkan prestasi-prestasi di berbagai bidang, tambah Sumiyati. 

Kepala Madrasah Syamsul Huda berharap seluruh keluarga MANTABA khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat mengaplikasikan pesan yang dihadirkan dalam film ini. 

 “Kami berharap bapak ibu guru, siswa, dan masyarakat memiliki cara pandang sikap dan praktik beragama yang baik, serta dapat mejawantahkan esensi ajaran agama Islam yang melindungi martabat kemanusiaan, membangun kemlasahatan umat berlandaskan prinsi adil, berimbang, dan menaati konstitusi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa,” tutur Huda.

Huda juga memberikan apresiasi kepada anak-anak OSIM Bimasakti yang telah mendapatkan juara favorit 1 dalam lomba film pendek moderasi beragama ini. 

“Semoga prestasi ini dapat ditingkatkan dan anak-anak dapat terus tumbuh menjadi generasi yang sholih dan sholihah, memberikan teladan untuk adik-adiknya,” pungkas Huda.

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 79

Bagikan