Penyuluh Antusias Ikuti Pelatihan TIK Kemenag dan Kominfo RI


Penyuluh Antusias Ikuti Pelatihan TIK Kemenag dan Kominfo RI
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2021-08-05 22:16:34

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Mulai 26 Juli sampai dengan 6 Agustus 2021 Kementerian Agama RI dan BPPTIK Kominfo RI menggelar pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk 500 orang Penyuluh Agama Islam baik yang fungsional maupun yang Non PNS utusan dari daerah se-Indonesia. Utusan dari Kemenag DIY terbagi ke dalam beberapa kelas virtual sangat antusias mengikuti proses pelatihan tersebut.

“Materi pelatihan yang disampaikan yaitu seputar optimalisasi dakwah di media digital. Setiap harinya peserta harus membuat karya digital yang nantinya akan dinilai oleh penyelenggara,” ujar Jamilludin, peserta utusan dari KUA Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul kepada Humas, Kamis (5/8/2021).

Diantara tugas yang harus dilengkapi, imbuh Jamil, membuat materi presentasi melalu power point, membuat flyer di aplikasi canva, membuat twibbon, pemanfaatan e-form dan pentingnya saring sebelum sharing.

"Saya sangat bersyukur bisa menjadi peserta dalam pelatihan TIK, kegiatan dan materinya sangat menarik karena akan meningkatkan kapasitas kami sebagai penyuluh sehingga akan lebih memaksimalkan memberikan penyuluhan di platform digital. Insya Allah utusan dari DIY pasca pelatihan siap bergerak di media digital", jelas Jamil.

Minimnya narasi dakwah yang ramah di media sosial menjadi tugas bersama yang harus digiatkan oleh Penyuluh Agama Islam.

“Semoga usai pelatihan ini kami dapat mewarnai media sosial dengan konten dakwah yang ramah dan membawa kemashlahatan untuk masyarakat,” tutup Jamil yang aktif juga menulis di media cetak lokal Jogja.

Sesuai agenda peserta pelatihan diwajibkan mengikuti test terakhir (post test) yang akan dilaksanakan pada Jum'at (6/8/2021) Selanjutnya, peserta yang memenuhi penugasan dan dapat mencapai penilaian dengan baik maka akan mendapatkan fasilitas sertifikat dari penyelenggara. Kegiatan serupa akan dilanjutkan untuk angkatan berikutnya dengan sasaran 495.000 penyuluh agama Islam dibawah naungan Kementerian Agama. (jml/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 170

Bagikan