Syukuri Hari Lahir, MAN 3 Bantul Bumikan Alquran dengan Muqoddaman


Syukuri Hari Lahir, MAN 3 Bantul Bumikan Alquran dengan Muqoddaman Muqoddaman keluarga MAN 3 Bantul dalam rangkaian peringatan harlah Ke-59
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-04 08:22:14

Bantul(MAN 3 Bantul) Agustus merupakan bulan bersejarah bagi MAN 3 Bantul. Pada bulan ini MAN 3 Bantul memperingati hari lahir madrasah, tepatnya pada 1 Agustus. Diresmikan menjadi madrasah negeri sejak 1962, saat ini MAN 3 Bantul menginjak usia ke-59 tahun. Sebagai ungkapan syukur MAN 3 Bantul menggelar kegiatan muqoddaman Alquran pada Senin, 2 Agustus 2021 dimulai pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan harlah, setelah Senin pagi dilaksanakan kegiatan bakti sosial. Muqoddaman adalah kegiatan membaca Alquran secara bersama-sama dengan masing-masing peserta mendapatkan bagian membaca satu juz. 

Muqoddaman ini dilaksanakan oleh guru/pegawai dan siswa di rumah masing-masing. Kelompok guru & pegawai yang terdiri dari 76 guru/pegawai dibagi menjadi tiga kelompok. Adapun kelompok siswa yang terdiri dari 21 kelas, pembagian disesuaikan dengan jumlah siswa dalam setiap kelas. Pelaksanaan muqoddaman siswa dikoordinasi oleh wali kelas. 

Syukuri Hari Lahir, MAN 3 Bantul Bumikan Alquran dengan Muqoddaman

Syukuri Hari Lahir, MAN 3 Bantul Bumikan Alquran dengan Muqoddaman

“Merupakan tanggung jawab kita semua untuk melanjutkan perjuangan para pendiri madrasah. Kita syukuri nikmat ini dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui ayat-ayat-Nya sehingga menguatkan kita untuk berkarya, memberikan yang terbaik untuk madrasah. Selain itu, muqoddaman ini juga menjadi ikhtiar batin kita membumikan Alquran untuk menghadapi ujian pandemi saat ini. Alquran adalah obat. Semoga Allah karuniakan perlindungan untuk kita semua, ungkap Kepala Madrasah Syamsul Huda.

Setelah selesai membaca bagian juz Alquran, guru dan pegawai mengisi laporan melalui Google Form dan siswa melaporkan kepada wali kelas di grup kelas masing-masing. Kegiatan Muqoddaman ini diakhiri dengan kegiatan membaca doa khataman bersama Selasa, 3 Agustus 2021 yang diselenggarakn daring melalui ruang zoom. Doa tersebut dipimpin oleh Ahmad Syafiq, S.Pd. guru tahfiz MAN 3 Bantul. (sal)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 87

Bagikan