Semangat Sosialisasikan SE No 10 Tahun 2021, MTsN 3 Kulon Progo Gelar Berbagai Kegiatan


Semangat Sosialisasikan SE No 10 Tahun 2021, MTsN 3 Kulon Progo Gelar Berbagai Kegiatan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-03 23:12:06

Kulon Progo (MTsN3KP) – Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2021, MTsN 3 Kulon Progo melaksanakan Sosialisasi Surat Edaran ini dengan berbagai kegiatan. Sosialisasi dilakukan untuk dapat berperan dalam mencegah penularan Covid-19, salah satunya dengan menggelar Sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021 kepada seluruh warga madrasah melalui zoom, pada Sabtu (31/7/2021) malam.

Kepala Madrasah, Muslich Purwanto mengatakan tujuan Sosialisasi SE No 20 Th 2021 agar warga madrasah menyosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada siswa dan masyarakat pada umumnya. “Kita bisa mengacu pada SE Menag No 20 Tahun 2021 yang isinya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih gencar melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan 5M+1D secara lebih ketat, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan interaksi, menjauhi kerumunan, serta memperbanyak berdoa,” ajak Muslich.

“Selain sosialisasi Prokes 5M+1D, dalam surat edaran tersebut juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah. Lebih lanjut diterangkan bahwa tempat ibadah di kabupaten/kota pada wilayah Jawa dan Bali dengan kriteria level 3 dan 4, tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah/kolektif selama masa penerapan PPKM dan mengoptimalkan peribadatan di rumah,” imbuhnya.

Kegiatan menyosialisasikan SE 20 Tahun 2021 untuk warga madrasah melalui zoom meeting, pemasangan twibon sebagai profil WA, dan khusus untuk siswa diadakan lomba pembuatan poster tema Sosialisasi Protokol Kesehatan, dilaksanakan perkelas didampingi wali kelas melalui WhatsApp group (WA) jum’at (30/7/2021). Hasil terbaik kelas dipilih sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba tingkat madrasah pada Sabtu (31/7/2021).

Dari peserta lomba poster ada 20 perwakilan kelas 7, 8, dan 9 dengan hasil

juara 1 Nadiah Elvareta kelas VIIc, juara 2 Kezia Rafiah kelas IXb, juara ke 3 Rahma Nur Aini kelas VIIIb. Sedang juara harapan 1 Dewi Kurniawati kelas IXb, dan harapan 2 Putri Dian Cahaya 8A.

Guru SBK, Suratno merasa bangga karena tanpa bimbingan tatap muka siswa sudah dapat mengembangkan kreativitasnya dan mudah diarahkan. “Saya tak menyangka anak-anak dapat menorehkan lukisan mereka dengan hasil yang tidak mengecewakan padahal bimbingan hanya melalui daring,” ungkap Ratno.

Hasil poster lima terbaik di foto dan dijadikan sebagai status WA semua warga madrasah. “Hasil seleksi lukisan poster akan diikutkan pada lomba Kyoto tingkat kabupaten pada (19/8/2021),” tambahnya.

Kepala Madrasah, Muhammad Muslich Purwanto, S.Ag., M.S.I. menyampaikan kegiatan yang dilakukann warga MTsN 3 Kulon Progo yang sudah menjadi rutinitas adalah pembacaan Al-Qur’an dengan sistem sehari khatam 1 kali melalui WA guru dan tenaga kependidikan yang sudah di mulai Selasa (13/7/2021).

Maksud dan tujuan pelaksanaan muqaddaman ini sebagai salah satu cara mengoptimalkan waktu 100% Work From Home (WFH) yang diberlakukan. Semua guru dan karyawan berusaha semaksimal mungkin melaksanakan program ini sebagai usaha yang tersistem dalam meningkatkan iman dan takwa melalui keistiqomahan membaca Al-Qur’an agar jiwa lebih tenang dan nyaman menghadapi keadaan sekelilingnya. (tjm/tnf).

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 29

Bagikan