MTsN 5 Sleman Adakan Rapat Virtual Bulanan


MTsN 5 Sleman Adakan Rapat Virtual Bulanan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-03 09:16:42

Sleman (MTsN 5 Sleman) - Dampak pandemi Covid-19 sangat terasa pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Sleman. Pembelajaran konvensional yang selama pandemi ini sudah tidak bisa dilaksanakan dan harus diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Kegiatan PJJ ini sudah berlangsung selama 1,5 tahun dan tidak tahu kapan akan berakhir. Untuk mengetahui perkembangan PJJ dan segala kendala serta alternatif pemecahannya, maka Busyroni Majid, Kepala Madrasah MTsN 5 Sleman mengadakan rapat evaluasi dan koordinasi dengan wakil kepala, kepala unit dan guru. Rapat dilaksanakan hari Sabtu dimana hari Sabtu merupakan hari khusus untuk tahfidz yang diampu dari tim tahfidz.

Kegiatan rapat semacam ini akan menjadi agenda rutin di akhir bulan agar segala permasalahan yang ada selama PJJ dapat teratasi dengan baik ujar Busyroni Majid saat menyampaikan arahannya ketika rapat koordinasi dan evaluasi. 

MTsN 5 Sleman Adakan Rapat Virtual Bulanan

MTsN 5 Sleman Adakan Rapat Virtual Bulanan

MTsN 5 Sleman Adakan Rapat Virtual Bulanan

Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, Suritno juga menjelaskan bahwa dengan adanya rapat evaluasi dan koordinasi ini memastikan bahwa PBM dengan PJJ di MTsN 5 Sleman terlaksana dengan baik pada setiap kelas. Semua data dan informasi dari wali kelas sebagai ujung tombak perwakilan madrasah dalam pengelolaan PJJ di kelas binaannya sangat penting untuk diketahui. Beliau juga berharap para wali kelas harus secara proaktif memantau dan memastikan bahwa kegiatan KBM setiap hari terlaksana dengan baik. Guru harus memiliki data kehadiran siswa dan guru mata pelajaran yang tertuang dalam jurnal kelas. Segala permasalahan siswa dan guru harus tercatat secara baik dan sistematis agar memudahkan untuk ditindaklanjuti guru Bimbingan Konseling (BK).

Selanjutnya ketika semua diminta pendapatnya tentang pelaksanaan rapat evaluasi dan koordinasi antara kepala, wakil-wakil kepala madrasah dan guru  menyampaikan bahwa sangat mendukung dilaksanakannya rapat evaluasi dan koordinasi dengan para Guru ini. Melalui rapat, selain menyampaikan laporan ke pihak madrasah, semua Guru bisa saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola PJJ dan dengan cepat madrasah mencari solusi jika ada permasalahan yang ada selama. 

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan tanggung jawab madrasah dan orang tua. Semua elemen tersebut harus saling mendukung. Kondisi saat ini mengharuskan kita bersatu padu, kompak dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Pandemi Covid-19 janganlah menjadi alasan bagi kita untuk mengabaikan pendidikan generasi muda bangsa ini. Nasib bangsa Indonesia ke depan sangatlah bergantung pada kualitas generasi muda saat ini. (ER)

Kontributor : MTSN5SLEMAN
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 50

Bagikan