MIM Kenteng Kulon Progo Ikuti Sosialisasi Gerakan 5M + 1D dengan Platform Digital


MIM Kenteng Kulon Progo Ikuti Sosialisasi Gerakan 5M + 1D dengan Platform Digital
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-08-01 23:47:50

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Pandemi Covid-19 belum berakhir, berbagai dampak mulai dari kesehatan, perekonomian, dan juga pendidikan menjadi terhambat. Kegiatan belajar mengajar di madrasah juga harus dilakukan dengan sistem daring yang memiliki kelebihan dan kekurangan.
Salah satu upaya tindak lanjut yang dilakukan yaitu dengan tetap mengajak kepada seluruh warga madrasah untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan surat Kepala Kanwil Kemenag DIY, yang mengajak untuk mengampanyekan SE Menag No 20 Tahun 2021. Edaran tersebut berisi ajakan untuk menerapkan protokol Kesehatan 5m + 1D bagi seluruh warga madrasah. Hal ini disampaikan Kepala MI Muhammadiyah Kenteng Rujito, S.Pd.I.,M.Pd. melalui WhatsApp group, Senin (26/7/2021).

“Sosialisasi SE No 20 Tahun 2021 yang dilaksanakan pada Ahad (25/7/2021) oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo melalui platform zoom meeting pukul 13.00 WIB memberikan informasi bahwa sebisa mungkin seluruh warga madrasah dapat melaksanakan gerakan terbaru 5M+1D yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta memperbanyak doa. Hal ini dilakukan sebagai ikhtiar untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya.

Salah satu guru MIM Kenteng, Rizco Ardian Saputro mengatakan bahwa wujud serta implementasi dari sosialisasi SE Menag No 20 Tahun 2021 ini, Arjuna MIM Kenteng membuat twibbon yang berisi program menjaga protokol kesehatan. Twibon ini kemudian digunakan seluruh guru dan dijadikan status sebagai kampanye digitalisasi.

Selain itu Rizco juga mengajak siswa-siswinya untuk bersama membuat poster penerapan protokol kesehatan, yang kemudian diupload di status WA dan juga Instagram madrasah. Pembuatan baner juga dilaksanakan sebagai ajakan bagi seluruh warga yang ada di sekitar madrasah.

Riska Puji Lestari salah satu siswa MIM Kenteng juga mengaku senang bisa ikut mengampanyekan penerapan protokol kesehatan dengan membuat poster. “Poster ini boleh dibuat sekreasi kita, teman-teman membuat poster dengan bagus sehingga bisa untuk motivasi dan menambah nilai kreativitas kita,” ungkapnya. (ras/abi).

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 82

Bagikan