Sabet Dua Penghargaan Nasional Sekaligus, Noor Hanifah Harumkan Nama MAN 1 Yogyakarta


Sabet Dua Penghargaan Nasional Sekaligus, Noor Hanifah Harumkan Nama MAN 1 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2021-07-30 22:20:25

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Tidak menyangka! Itulah kalimat yang pertama kali terlintas di benak  Noor Hanifah Arrasyid, siswi kelas X Bahasa-Budaya MAN 1 Yogyakarta, setelah mengetahui jika dirinya mendapatkan dua penghargaan sekaligus pada lomba cipta puisi tingkat nasional, yang diselenggarakan IDN Creation, Ahad (25/07/2021). Perasaan kaget sekaligus bangga ini dikarenakan Hanifa, begitu ia sering dipanngil, mampu bersaing dan mengungguli beberapa peserta lain yang usianya jauh diatas dirinya.

“Ketika saya melihat saingan-saingan saya ternyata usia mereka jauh lebih senior dan beberapa diantara mereka telah memiliki gelar sarjana, tapi syukur alhamduillah ternyata saya mampu meraih juara harapan 3 serta predikat penulis terpilih,” tutur siswi yang bercita-cita menjadi Duta Unicef Indonesia suatu hari nanti.

Juara harapan 3 dan predikat penulis terpilih menjadi dua penghargaan yang didapatkan Hanifa dalam ajang lomba bernama ‘Seluruh Rakyat Berpuisi’(Serasi), yakni kompetisi cipta sekaligus penerbitan puisi tingkat nasional. Puisi berjudul ‘Saya Sudi Jadi Apa Saja’ yang ditulis oleh Hanifa menceritakan tentang seseorang yang rela menjadi apapun asalkan ia dapat kembali menyelamatkan kenangan yang hampir terlupakan.

Tahap penulisan menjadi momen yang paling berkesan sekaligus paling sulit  bagi siswi pemilik hobi traveling ini. Namun, dikatakannya lagi, kesulitan yang berhasil ia lewati pada saat itu membuat dirinya kini merasa lebih mandiri dalam menghadapi setiap problem  yang datang silih-berganti.

“Saya sempat merevisi diksi beberapa kali karena bingung bagaimana membuatnya lebih ringkas sehingga dapat berjumlah 16 baris”, ujar putri pasangan Harun dan Wahyuningsih ini meceritakan pengalamannya.

Prestasi yang diraih Hanifah ini tentu menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta untuk terus mecatatkan prestasi demi prestasi meski masih harus belajar dari rumah masing-masing. (bai/dzl)

Kontributor : MAN1YOGYA
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 161

Bagikan